5 Air Purifier Canggih Terbaik 2022 untuk Hidup yang Lebih Sehat

5 Air Purifier Canggih Terbaik 2022 untuk Hidup yang Lebih Sehat

ADVERTISEMENT

5 Air Purifier Canggih Terbaik 2022 untuk Hidup yang Lebih Sehat

Inkana Izatifiqa R Putri - detikInet
Senin, 24 Okt 2022 15:32 WIB
Ilustrasi Air Purifier
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Menjalani era new normal di masa pandemi tentu menghadirkan tantangan tersendiri. Pasalnya, paparan polusi, debu, virus membuat masyarakat rentang terserang penyakit. Terlebih bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi di ibu kota.

Dilansir dari situs IQAir Senin (24/10), tingkat polutan utama udara di Jakarta ialah PM 2,5 dengan konsentrasi polutan 6.3µg/m³. Adapun angka ini 1.3 kali di atas nilai panduan kualitas udara tahunan WHO. Namun sebelumnya, kualitas udara Jakarta pernah menjadi yang terburuk di dunia pada Juni lalu. Padahal, kualitas udara yang baik merupakan kebutuhan paling vital untuk menjaga tubuh tetap fit.

Melansir Bicara Udara, Guru Besar FKM Universitas Indonesia Budi Haryanto menyampaikan 50 persen pasien rumah sakit di Jakarta menderita penyakit yang disebabkan oleh polusi udara. Bakan, penurunan tingkat harapan hidup yang diakibatkan oleh polusi udara lebih besar daripada penyakit berbahaya lainnya seperti HIV/AIDS.

Meskipun polusi udara identik dengan udara di luar ruangan, nyatanya udara di dalam ruangan bisa 2-5 kali lebih buruk daripada di luar. Dan secara tidak sadar, kebanyakan orang menghabiskan hingga 90% waktu di dalam ruangan.

Untuk mencegah risiko ini, Anda bisa mulai menerapkan pencegahan dengan menjaga keseimbangan udara yang dihirup sehari-hari. Salah satunya dengan menggunakan air purifier dengan kapasitas pembersihan sesuai ukuran ruangan. Berikut ini adalah 5 air purifier terbaik dengan teknologi canggih yang bisa menjadi bahan referensi Anda dan keluarga.

1. Blueair HealthProtect™

BlueairFoto: Blueair

Blueair, air purifier merek asal Swedia ini bisa menjadi pilihan Anda dengan kualitas dan performa yang baik. Merek ini juga telah mendapatkan banyak penghargaan di Amerika Serikat. Seri unggulan Blueair, HealthProtect™, pun dilengkapi dengan teknologi SpiralAir™ atau udara 360° sehingga mampu mendistribusikan udara bersih lebih cepat ke seluruh ruangan.

Blueair juga telah teruji laboratorium dan terbukti mampu menghilangkan virus hidup SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. Anda bisa memilih Blueair HealthProtect 7470i, dengan hasil udara bersih atau CADR senilai 465m3/jam, yang mampu membersihkan seluruh volume udara di ruangan berukuran hingga 38 m2 sebanyak 5 kali setiap jam (ACH).

Tersertifikasi oleh AHAM, Blueair terbukti efektif menyaring 99,97% partikel halus hingga berukuran 0,1 mikron dan mampu melakukan 5 kali pembersihan atas seluruh volume udara dalam ruangan tersebut dalam 1 jam.

Dengan desain modern, Blueair memiliki sensor kualitas udara lengkap yang muncul pada panel digital di bagian atas unit, menampilkan informasi penting seperti sensor untuk memonitor PM2,5, PM1, PM10, VOC, temperatur dan tingkat kelembapan (Relative Humidity) yang juga dapat dilihat melalui aplikasi Blueair di smartphone. BlueAir juga unggul dengan garansi terpanjang di pasaran, yaitu selama 5 tahun.

2. LG Puricare™

Brand elektronik asal Korea ini turut merambah ke ranah air purifier. Anda bisa mempertimbangkan LG AS65GDSH0 PuriCare™ 360° yang memiliki fitur Clean Booster, yaitu asupan udara kotor 360° untuk penyerapan pembersihan udara yang lebih cepat. Tidak hanya itu, pendistribusian udara bersih dengan sistem berputar dan kemiringan sudut tertentu, membuat penyebaran udara bersih menjadi lebih cepat merata.

Air purifier ini juga sudah tersertifikasi AHAM dengan nilai CADR 200 m3/jam dalam mode turbo, serta dilengkapi dengan sensor PM 1 untuk mendeteksi tingkat partikel berukuran 1 mikron atau lebih kecil. Berkat sensor ini, LG Puricare™ mampu memberikan informasi tingkat kualitas udara dalam bentuk warna yang berubah-ubah sesuai dengan kualitas udara terkini dan dapat dipantau melalui smartphone melalui aplikasi LG ThinQ.

Klik halaman selanjutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT