Tak Cuma iPhone, AirPods Juga Akan Dipaksa Pakai USB-C

Tak Cuma iPhone, AirPods Juga Akan Dipaksa Pakai USB-C

ADVERTISEMENT

Tak Cuma iPhone, AirPods Juga Akan Dipaksa Pakai USB-C

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 10 Okt 2022 11:45 WIB
Ilustrasi Apple AirPods, Apple AirPods
Tak Hanya iPhone, AirPods Juga Akan Dipaksa Pakai USB-C Foto: Photo by Suganth on Unsplash
Jakarta -

Apple akan dipaksa memasang USB-C ke iPhone pada akhir tahun 2024 oleh Uni Eropa. Tidak hanya iPhone, AirPods dan aksesoris Mac juga akan bertransisi ke USB-C pada tahun 2024.

Pada awal pekan lalu, Parlemen Eropa menyetujui proposal undang-undang yang memaksa semua perangkat elektronik dan gadget untuk menggunakan USB-C sebagai port standar.

Dalam newsletter terbarunya, analis Bloomberg Mark Gurman mengatakan Apple sudah bersiap mengubah perangkatnya untuk mengikuti aturan baru ini. Gurman meyakini Apple akan membawa USB-C ke AirPods dan AirPods Pro pada tahun 2024.

Selain AirPods generasi baru, deretan aksesoris Mac seperti Magic Mouse, Magic Keyboard, dan Magic Trackpad juga akan beralih ke USB-C mulai tahun depan. Tahun depan Apple akan meluncurkan iMac dan Mac Pro terbaru, dan Gurman mengatakan update aksesoris dengan USB-C itu juga akan datang pada waktu yang sama.

Gurman mengklaim iPhone 15 akan mendahului mandat Uni Eropa dan akan hadir dengan port USB-C pada musim gugur 2023. iPad entry level, yang saat ini merupakan satu-satunya iPad dengan port Lightning, akan beralih ke USB-C pada akhir tahun ini.

Gurman juga berspekulasi bahwa jika Apple meluncurkan iPhone SE baru pada tahun 2024 dengan port Lightning alih-alih USB-C, iPhone murah itu masih akan mengikuti aturan Uni eropa karena sudah diluncurkan sebelum akhir tahun. Tapi iPhone SE yang diluncurkan tahun 2025 atau 2026 wajib menggunakan USB-C.

Meski deretan perangkat Apple akan menanggalkan port Lightning dan beralih ke USB-C, Girman mengatakan era USB-C di Apple akan jauh lebih pendek ketimbang konektor 30-pin dan Lightning, seperti dikutip dari MacRumors, Senin (10/10/2022).

Konektor 30-pin dan Lightning beredar selama 11 tahun sebelum akhirnya dimatikan. Menurut Gurman, USB-C juga akan segera dihentikan tidak lama setelah diadopsi karena Apple masih ingin mewujudkan iPhone dan perangkat lainnya yang serba wireless.

Gurman meyakini Apple akan membawa inductive chargung ke iPhone dan iPad dalam beberapa tahun ke depan, untuk menghindari aturan Uni Eropa karena tidak berlaku untuk perangkat yang tidak mendukung pengisian daya dengan kabel.

[Gambas:Youtube]



(vmp/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT