Apple Nyerah, iPhone 15 Diprediksi Pakai USB Type C

ADVERTISEMENT

Apple Nyerah, iPhone 15 Diprediksi Pakai USB Type C

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 07 Okt 2022 10:14 WIB
USB TYPE-C
Apple Nyerah, iPhone 15 Diprediksi Pakai USB Type C. Foto: 20Detik
Jakarta -

iPhone generasi baru atau iPhone 15 yang akan rilis tahun depan, kemungkinan akan memakai pengisi daya USB Type C, tidak lagi port lightning seperti yang selalu digunakan selama ini. Aturan baru di Eropa memaksa Apple melakukan perubahan itu.

Seperti diberitakan, mayoritas anggota Parlemen Eropa, setuju bahwa mulai tahun 2024 atau dua tahun lagi, konektor USB C yang digunakan di perangkat berbasis Android akan menjadi satu-satunya standar di seluruh negara Uni Eropa yang jumlahnya 27.

Aturan baru Uni Eropa ini mungkin saja akan ditiru oleh wilayah-wilayah lainnya karena dianggap lebih nyaman buat para pengguna HP. Dengan demikian, tak menutup kemungkinan port Lightning benar-benar akan ditinggalkan Apple.

"Sekarang tak terhindarkan bahwa Apple harus menyerah dan transisi ke USB Type C di iPhone 15 ketika iPhone 15 tiba di tahun 2023," kata Ben Wood, analis di CCS Insight yang dikutip detikINET dari CNBC.

"Saya pikir karena Apple sudah memakai USB Type C di MacBook dan iPad, transisi sudah dimulai. Desain iPhone 15 mungkin akan berubah lebih besar dari iPhone 14 sehingga akan menjadi waktu yang baik untuk membuat perubahan," papar dia.

Lalu jika benar iPhone 15 akan memakai USB Type C, apakah hanya akan berlaku di Eropa dan bagian dunia lain masih memakai charger Lightning? Menurut pengamat, perubahan tampaknya berlaku secara global.

"Sepertinya akan masuk akal menjadikannya global daripada membuat komponen individual. Mereka sebenarnya sudah melakukan persiapan untuk hal ini dalam beberapa tahun ini," cetus Bryan Ma, analis industri di IDC.

Adapun aturan wajib memakai USB Type C di Eropa dibuat setelah banyak user iPhone dan juga Android di Eropa protes karena harus sering ganti charger jika tak kompatibel. Akhirnya, Uni Eropa meloloskannya sebagai aturan yang wajib dipatuhi.



Simak Video "Eropa Wajib Gunakan Konektor USB-C Tahun 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT