Cara Melihat Spesifikasi Laptop atau PC Windows dengan Mudah

ADVERTISEMENT

Cara Melihat Spesifikasi Laptop atau PC Windows dengan Mudah

Dhea Alvionita - detikInet
Jumat, 30 Sep 2022 10:29 WIB
FORT LAUDERDALE, FL - MARCH 07:  Lt. Mike Baute from Floridas Child Predator CyberCrime Unit talks with people on instant messenger during the unveiling of a new CyberCrimes office March 7, 2008 in Fort Lauderdale, Florida. One of the people on the other side of the chat told Lt. Baute, who is saying he is a 14-year-old girl, that he is a 31-year-old male and sent him a photograph of himself. According to current statistics, more than 77 million children regularly use the Internet. The Federal Internet Crimes Against Children Task Force says Florida ranks fourth in the nation in volume of child pornography. Nationally, one in seven children between the ages of 10 and 17 have been solicited online by a sexual predator.  (Photo by Joe Raedle/Getty Images)
Cara Melihat Spesifikasi Laptop atau PC Windows dengan Mudah. Foto: Gettyimages
Jakarta -

Di tengah gempuran era digital, memiliki laptop atau PC Windows bukan hal yang lumrah.Pasalnya, sebagian besar orang pasti sangat membutuhkan barang tersebut untuk berbagai aktivitas.

Melansir dari wikipedia.org, laptop merupakan komputer pribadi yang berukuran kecil dan ringan yang beratnya hanya mencapai 1-6 kilogram (kg) tetapi tergantung pada ukuran, bahan, dan spesifikasinya.

Pemilihan laptop harus disesuaikan oleh kebutuhan masing-masing. Jika digunakan untuk pekerjaan yang ringan seperti belajar dan mengetik saja, maka laptop adalah pilihan yang tepat.


Spesifikasi laptop atau PC Windows sendiri adalah rincian teknik tentang komponen dan kemampuan komputer seperti kecepatan prosesor, model, hingga keterangan bawaan dari pabrik. Kecepatan prosesor ditunjukkan dalam gigahertz (GHz). Semakin tinggi angkanya, maka semakin cepat juga komputer untuk bekerja.

Selain itu, pada Random Access Memory (RAM) biasanya ditunjukkan dalam gigabytes (GB). Sama halnya dengan kecepatan prosesor, semakin tinggi nilai RAM maka semakin banyak yang bisa dikerjakan secara bersamaan.

Untuk mengetahui lebih lengkap, begini lho cara melihat spek laptop atau PC Windows Anda seperti yang telah dirangkum detikINET melalui berbagai sumber. Yuk, simak baik-baik!

Cara Cek Spesifikasi Laptop atau PC Windows

1.Klik menu 'Windows' pada laptop
2.Kemudian pilih 'Settings'
3.Lalu klik 'System'
4.Pilih 'About'
5.Tunggu layar hingga menampilkan rincian detail terkait informasi spesifikasi laptop Windows

Dalam menu tersebut, terdapat pula rincian mengenai informasi RAM, prosesor, nama device, edisi, versi, dan lainnya. Berikut adalah bagian spesifikasi device yang di dalamnya terdapat spesifikasi mengenai Windows:

Edition:menampilkan jenis program Windows yang telah terinstal di laptop (misalnya: Windows 10 Pro atau Windows 10 Home)
Version:menjelaskan versi Windows yang saat ini terinstal di laptop
Installed on:menampilkan tanggal terakhir pembaruan fitur terakhir yang diinstal
OS build:menjelaskan nomor build dari sistem operasi. Nomor tersebut juga menunjukkan pembaruan versi terbaru
Experience:menjelaskan versi fitur pada perangkat


Sebagai informasi tambahan, cara-cara yang telah dipaparkan di atas dapat dilakukan dengan menggunakan laptop dengan versi Windows 10.

Dengan demikian,kalian tidak perlu repot-repot untuk mendownload aplikasi.Sebab,dengan membuka menu 'Settings' pada perangkat, kalian sudah bisa melihat spesifikasi laptop atau PC Windows pada perangkat Anda. Semoga membantu!



Simak Video "Elon Musk Klaim Twitter Kini Lebih Baik Usai Pecat Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

Berita Terkait

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT