Hindari Peretasan, Ini 5 Tips Aman Berbagi File dari Smartphone

ADVERTISEMENT

Hindari Peretasan, Ini 5 Tips Aman Berbagi File dari Smartphone

Yudistira Imandiar - detikInet
Kamis, 15 Sep 2022 09:25 WIB
OPPO Reno8 Pro 5G
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Berbagi file antar smartphone maupun dari smartphone ke PC atau sebaliknya merupakan hal yang kerap dilakukan pengguna smartphone saat ini. Berbagi file kini semakin mudah dilakukan lewat berbagai koneksi, baik itu bluetooth, aplikasi perpesanan, platform cloud, dan sebagainya.

Perlu dipahami, kemudahan akses dalam berbagi media (media sharing) ini juga memiliki ancaman bagi keamanan data yang kamu miliki. Untuk itu, kamu mesti lebih cermat saat ingin berbagi media dengan siapapun.

Beberapa tips berikut ini dapat diterapkan untuk menghindari pembobolan data dari smartphone kamu.

1. Gunakan Software File-Sharing Terintegrasi

Software file sharing telah dirancang untuk menjembatani pengiriman data secara tertutup. Artinya, file hanya beredar di aplikasi yang digunakan. Hal itu menghindari potensi data-data yang dikirimkan bisa diambil oleh pihak tak bertanggung jawab.

2. Hindari Berbagi File Media Lewat Email

Berkirim file via email memang praktis. Tapi, ada risiko besar yang mengintai. Kejahatan siber seperti scamming kerap menyasar akun email, sehingga file-file yang dikirimkan dapat dicuri. Bahkan, data pribadi pun dapat disedot oleh para hacker.

3. Pastikan Keamanan Jaringan saat Mengirim File Media

Koneksi internet, khususnya saat menggunakan WiFi di ruang publik dapat menjadi pintu masuk bagi para pencuri data. Pastikan kamu hanya terhubung dengan jaringan yang terenkripsi dengan protokol keamanan ketat.

4. Gunakan Layanan Cloud yang Aman

Layanan cloud merupakan solusi untuk berkirim file secara instan. Pilih layanan cloud yang kredibel dan dapat menjamin keamanan datanya. Layanan cloud yang aman dilengkapi dengan sistem keamanan data berlapis yang sulit untuk ditembus.

5. Arsipkan Data dalam Satu Format File

Mengarsipkan file dalam satu format menyederhanakan penyimpanan data sehingga lebih mudah diakses. Kamu juga dapat mengurangi pemakaian ruang penyimpanan. Selain itu, mengarsipkan file memberikan tingkat keamanan lebih karena menyulitkan para peretas untuk mengidentifikasi satu per satu file yang disimpan.

OPPO Reno8 Pro 5GOPPO Reno8 Pro 5G Foto: OPPO

Selain 5 tips di atas, kamu juga bisa mengandalkan fitur serta teknologi keamanan terkini yang hadir di perangkat OPPO untuk menjaga keamanan data dan privasi perangkat smartphone-mu. Khususnya pada smartphone OPPO yang berbasis ColorOS 12 dan ColorOS 13. Sistem operasi ColorOS memberikan perlindungan privasi dan keselamatan optimal yang dapat dipercaya pengguna berdasarkan standar otentikasi privasi dan keamanan otoritatif seperti ePrivacy, TRUSTe, ISO27701, dan ISO27001.ePrivacy, TRUSTe, ISO27701, dan ISO27001.

ColorOS 12 dan 13 yang digunakan di sejumlah produk terbaru OPPO menyediakan sistem keamanan data tingkat tinggi yang mampu melindungi data pengguna. Beberapa fitur yang dihadirkan, antara lain. Privasi History Clipboard yang secara otomatis menghapus riwayat clipboard setelah beberapa saat untuk menghindari scam atau kebocoran data lainnya.

OPPO Reno8 Pro 5GOPPO Reno8 Pro 5G Foto: OPPO

OPPO juga telah menyematkan teknologi Automatic Pixelate yang menggunakan algoritma kecerdasan buatan (AI) untuk bantu mengenali dan mengaburkan foto profil dan nama pada tangkapan layar obrolan secara mudah dengan satu ketukan. Selain itu, tersedia juga fitur Brankas Pribadi yang telah dienkripsi untuk memberi tingkat keamanan lebih tinggi.

Selanjutnya, ada fitur Fitur Nearby WiFi yang menutup informasi dan lokasi pengguna saat perangkat terhubung dengan koneksi Wi-Fi di tempat umum.



Simak Video "Dirilis Secara Global, Ini Spesifikasi Oppo Reno8 dan Reno8 Pro "
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT