Update Windows 11 22H2 Bikin GPU Nvidia Bermasalah

Update Windows 11 22H2 Bikin GPU Nvidia Bermasalah

ADVERTISEMENT

Update Windows 11 22H2 Bikin GPU Nvidia Bermasalah

Anggoro Suryo - detikInet
Senin, 26 Sep 2022 08:50 WIB
Lenovo Windows 11
Ilustrasi Windows 11. Foto: dok Lenovo
Jakarta -

Microsoft baru merilis pembaruan Windows 11 2022, atau dikenal sebagai update 22H2, di 190 negara. Namun ada masalah yang mengintai dari pembaruan tersebut.

Update 22H2 ini menjadi pembaruan besar pertama sejak kehadiran Windows 11, yaitu menghadirkan sejumlah fitur yang sebelumnya ada di Window 10 namun tidak ada di Windows 11.

Namun seperti biasa, dalam sebuah pembaruan besar, tentu ada sejumlah bug atau masalah. Meski sebenarnya, dibanding rilis sebelumnya, update 22H2 ini terbilang stabil..kecuali untuk para gamer yang memakai GPU Nvidia.

Sejumlah pengguna di Reddit, Microsoft Feedback Hub, dan berbagai platform lain mengeluhkan kalau performa GPU Nvidia-nya menjadi tak stabil setelah melakukan pembaruan, yaitu frame ratenya saat bermain game naik turun tidak seperti biasanya.

Salah seorang pengguna mengeluhkan kalau masalah tersebut hanya berdampak pada game Battlefield 2042. Namun ada juga yang mengeluhkan masalahnya ada pada fitur G-Sync dan audio. Namun kesamaannya adalah, melakukan rollback ke OS sebelumnya membuat masalah itu hilang.

Dari berbagai keluhan ini bisa diasumsikan kalau masalahnya terjadi pada PC yang memakai GPU Nvidia. Nvidia pun mengaku sudah menginvestigasi masalah ini, dan mungkin dalam waktu dekat akan merilis pembaruan driver Nvidia untuk Windows.

Untuk sementara, selain melakukan rollback OS, pengguna juga bisa mematikan fitur bernama Nvidia FrameView SDK. Atau bisa juga mematikan fitur variable refresh rate dan optimisasi untuk windowed games juga bisa menyembuhkan masalah tersebut.

Microsoft pun seharusnya juga sudah menyadari masalah ini, karena ada sejumlah anggota Windows Insider Program mengeluhkan masalah yang sama. Yaitu performa PC yang menurun saat dipakai bermain game.

Bahkan ada juga yang melaporkan Blue Screen of Death setelah memperbarui OS-nya ke update 22H2 ini, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Senin (26/9/2022).



Simak Video "Microsoft Office Bakal Segera Pensiun"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT