Tak Disangka, 2 Fitur Baru iPhone 14 Contek Xiaomi

ADVERTISEMENT

Tak Disangka, 2 Fitur Baru iPhone 14 Contek Xiaomi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 17 Sep 2022 22:30 WIB
Peluncuran iPhone 14
Tak Disangka, 2 Fitur Baru iPhone 14 Ternyata Dicontek dari Xiaomi Foto: Getty Images
Jakarta -

Di awal kehadirannya di pasar ponsel global, Xiaomi sering disebut sebagai copycat Apple karena sering meniru desain dan fitur iPhone. Kini hal sebaliknya terjadi, Apple ketahuan menjiplak dua fitur ponsel Xiaomi untuk iPhone 14.

Dua fitur tersebut sebenarnya cukup minor, bukan fitur yang dijagokan oleh Apple seperti konektivitas satelit atau Dynamic Island di iPhone 14 Pro. Tapi dua fitur ini sudah hadir duluan di ponsel Xiaomi sejak beberapa tahun yang lalu.

Fitur pertama adalah pengaturan kecerahan otomatis menggunakan dua sensor. Lembar spesifikasi iPhone 14 menunjukkan keempat ponsel di series ini sekarang memiliki dua sensor cahaya ambien, satu di bagian depan dan satu di bagian belakang. Dua sensor ini memungkinkan pengaturan kecerahan yang lebih akurat.

Ternyata, fitur ini sudah ada di ponsel Xiaomi terlebih dahulu sejak tahun 2020, dan sejak saat itu fitur serupa juga hadir di ponsel Google dan Samsung. Ponsel Xiaomi yang pertama mengusung fitur ini adalah Mi 10 series yang merupakan lini ponsel flagship Xiaomi.

"Di skenario pencahayaan yang kompleks, lebih banyak data sumber cahaya yang dikumpulkan untuk mendapatkan data cahaya ambient di sekitar pengguna yang lebih akurat," kata eksekutif Xiaomi tentang sensor cahaya ambient ganda dalam peluncuran Mi 10, seperti dikutip dari Android Authority, Jumat (16/9/2022).

Fitur lainnya yang dijiplak oleh Apple dari Xiaomi adalah GPS frekuensi ganda. Ini merupakan fitur baru yang tersedia untuk iPhone 14 Pro series.

Sesuai namanya, fitur ini mengandalkan dua frekuensi GPS untuk meningkatkan akurasi lokasi di ponsel. Fitur ini juga bisa memperbaiki lokasi dengan lebih cepat saat menggunakan aplikasi yang mengandalkan GPS seperti Google Maps.

Sebelum hadir di iPhone 14 Pro, fitur ini pertama kali hadir di ponsel Xiaomi. Tepatnya, di ponsel flagship Xiaomi Mi 8 yang diluncurkan pada tahun 2018. Sejak saat itu, fitur GPS frekuensi ganda juga hadir di ponsel lainnya, termasuk OnePlus, Samsung, dan lain-lain.



Simak Video "Menanti Kehadiran iPhone 14 di Apple Event 'Far Out'"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT