Rumor Samsung Akan Hilangkan Semua Tombol Fisik di Galaxy S25

ADVERTISEMENT

Rumor Samsung Akan Hilangkan Semua Tombol Fisik di Galaxy S25

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 15 Sep 2022 21:12 WIB
Unboxing Samsung Galaxy Z Flip 4
Samsung Dirumorkan Akan Hilangkan Semua Tombol Fisik di Galaxy S25 (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)
Jakarta -

Samsung dirumorkan akan menghilangkan semua tombol fisik di ponsel flagship masa depannya. Tapi perubahan desain yang drastis ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Rumor ini datang dari tipster asal Korea Selatan Connor alias @OreXDA. Dalam cuitannya di Twitter, @OreXDA mengatakan Samsung akan menghilangkan tombol power dan volume dan menggantikannya dengan software.

Tidak diketahui bagaimana cara kerja sistem tanpa tombol fisik ini. Tapi @OreXDA mengklaim fitur ini belum akan hadir tahun depan bersama Galaxy S23, Galaxy Z Fold 5, atau Galaxy Z Flip 5.

Menariknya, Galaxy S25 akan menjadi ponsel pertama Samsung yang hadir tanpa tombol fisik. Tentu saja kalau melihat jadwal peluncuran Samsung, Galaxy S25 kemungkinan baru akan diluncurkan tiga tahun lagi.

Dalam cuitan selanjutnya, @OreXDA mengatakan Samsung Galaxy S25 tanpa tombol fisik kemungkinan akan menjadi produk eksklusif untuk KT Corporation, yang merupakan operator seluler terbesar kedua di Korea Selatan.

Artinya, Galaxy S25 untuk pasar global kemungkinan masih akan hadir dengan tombol fisik tapi varian khusus untuk KT Corporation akan memiliki desain dan software baru untuk menggantikan tombol fisik, seperti dikutip dari SamMobile, Kamis (15/9/2022).

Tentu saja ini semua baru sekedar rumor yang belum dikonfirmasi, jadi jangan langsung ditelan mentah-mentah. Apalagi peluncuran Galaxy S25 masih beberapa tahun lagi sehingga sulit untuk memprediksi fitur-fiturnya.

Ini bukan pertama kalinya Samsung dirumorkan akan menghilangkan tombol flagship di ponsel flagship-nya. Galaxy Note 10 yang diluncurkan tahun 2019 dirumorkan akan hadir tanpa tombol fisik, dan Samsung juga mendaftarkan beberapa paten terkait desain ponsel tanpa tombol fisik.



Simak Video "Samsung M13 5G, Ini Harga dan Spesifikasinya "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT