Intel dan Broadcom Pamer WiFi 7, Tembus 5Gbps!

ADVERTISEMENT

Intel dan Broadcom Pamer WiFi 7, Tembus 5Gbps!

Anggoro Suryo - detikInet
Senin, 12 Sep 2022 20:45 WIB
WiFi 7
Foto: Dok. Techspot
Jakarta -

Intel dan Broadcom memamerkan kemampuan WiFi 7 untuk pertama kalinya, dan kecepatannya menembus 5 Gbps.

Ini adalah pertama kalinya percobaan koneksi WiFi 7 dilakukan oleh perusahaan yang berbeda, dan ini menjadi catatan besar dalam pengembangan standar WiFi 7, atau juga dikenal dengan nama 802.11be.

Dalam persentasi bersamanya, Intel dan Broadcom menunjukkan sebuah laptop yang menggunakan prosesor Intel dan terhubung ke chip WiFi 7 buatan Broadcom. Dalam percobaan tersebut, kecepatan yang didapat mencapai 5 Gbps.

Kecepatan ini naik drastis dari WiFi 6 (802.11ax) yang kecepatannya sekitar 1,7 Gbps, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Senin (12/9/2022).

Secara spesifikasi teknis, WiFi 7 bisa mencapai kecepatan maksimal 5,8 Gbps, mendukung frekuensi WiFi, serta channel bandwidth baru, yang membuat router bisa memberikan koneksi simultan yang lebih stabil ke jumlah perangkat yang lebih banyak.

Sebagai perbandingan, WiFi 6 bisa mengakses channel bandwidth 20, 40, 80, dan 160 MHz di frekuensi 2,4GHz dan 5GHz. Sementara WiFi 7 mendukung channel 320 MHz dan frekuensi 6 GHz, dan bisa berpindah antara frekuensi dan channel secara pintar untuk meningkatkan kestabilan koneksi.

Menurut Intel, WiFi 7 bisa membantu pertumbuhan teknologi seperti augmented reality, virtual reality, dan media streaming 16K.

Sebenarnya, WiFi 6 pun ada yang mendukung frekuensi 6GHz, tepatnya varian WiFi 6E. Namun sejauh ini tak banyak pembuat hardware yang mendukung standar ini. Terutama karena terganjal masalah rantai pasokan komponen yang terjadi selama pandemi.

Intel sendiri menjanjikan kalau laptop dan desktop dengan kemampuan WiFi 7 akan tersedia secara massal pada 2024 dan 2024. Sementara perusahaan lain juga sudah memamerkan kemampuan hardware yang mendukung WiFi 7. Namun, IEEE baru akan memfinalisasi spesifikasi WiFi 7 pada 2024 mendatang.



Simak Video "Komisi I DPR RI Sayangkan WNI Jadi Agen Intel Asing di Kaltara"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT