Samsung Rilis Bespoke Edisi HUT RI, Ada Ilustrasi Timun Mas dan Batik

ADVERTISEMENT

Samsung Rilis Bespoke Edisi HUT RI, Ada Ilustrasi Timun Mas dan Batik

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 17 Agu 2022 17:48 WIB
Samsung Bespoke
Samsung Rilis Bespoke Edisi HUT RI, Ada Ilustrasi Timun Mas dan Batik. Foto: Samsung Indonesia
Jakarta -

Selaiin Galaxy Z Flip 'Merah Putih', Samsung menghadirkan perangkat rumah tangga seri Bespoke dengan nuansa HUT ke-77 RI. Cerita Timun Mas hingga batik Terang Bulan menghiasi tampilan perangkat-perangkat tersebut.

Dua ilustrator muda Indonesia, Kathrin Honesta dan Rachel Ajeng, digandeng untuk menampilkan desain mereka di Bespoke Refrigerator dan AirDresser edisi terbatas untuk merayakan HUT ke-77 RI. Kedua seniman muda tersebut mengilustrasikan keragaman etnik dan budaya Indonesia, seperti alam, batik dan kisah cerita rakyat yang legendaris, diharapkan konsumen Indonesia mampu menikmati karya seni yang dapat membangkitkan kebanggaan akan Indonesia dengan berbagai keragamannya.

"Dengan semangat merayakan hari kemerdekaan ke-77, kami bangga berpartner dengan anak muda berbakat Indonesia untuk menghadirkan kreativitas mereka dan keunikan budaya Indonesia ke dalam Bespoke Refrigerator dan AirDresser. Inovasi Samsung Bespoke terus membantu pengguna mentransformasi hunian tanpa batas, menjadikan elektronik rumah tangga sekaligus sebagai karya seni dan cara baru menghadirkan kekayaan budaya khas Indonesia ke dalam rumah kita," kata Joseph, Home Appliances Business Head, Samsung Electronics Indonesia.

Sedikit informasi, Kathrin Honesta merupakan ilustrator asal Jakarta yang terkenal dengan pengerjaan proyek sampul buku untuk penerbit luar negeri. Namanya mencuat saat karyanya yang bertema Nusantara menjadi Google Doodle pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia 2021.

Kathrin membuat dua ilustrasi eksklusif untuk jajaran Samsung Bespoke, yakni: "Butterfly Garden" (Taman Kupu-Kupu) yang terinspirasi dari batik Terang Bulan dengan ciri khas motif kupu-kupu dan cerita rakyat populer "Timun Mas" yang dikombinasikan dengan pola dan elemen batik.

Samsung BespokeSamsung Bespoke Foto: Samsung Indonesia

"Ini pertama kalinya saya menuangkan karya ke dalam peralatan elektronik dan saya merasa konsep panel kustom Samsung Bespoke merupakan kanvas yang menarik untuk berkarya. Untuk panel tunggal seperti Bespoke AirDresser dapat memilih ilustrasi Butterfly Garden yang bernuansa pastel, interpretasi modern saya akan pola flora dan fauna pada batik," jelas Kathrin

"Kemudian saya memanfaatkan keempat panel Samsung Bespoke Refrigerator Multidoor untuk merangkai kisah Timun Mas, mulai dari kelahiran hingga perjalanan hidupnya, dan berakhir pada pertarungannya dengan Buto Ijo. Masing-masing panel memiliki cerita sendiri, menampilkan scene paling ikonik dalam cerita rakyat tersebut, dan keempatnya akan membentuk sebuah cerita yang utuh ketika disatukan," sambungnya.

Untuk ilustrasi Butterfly Garden, Kathrin merekomendasikan warna tegas seperti Glam Navy dipadukan Glam Pink sebagai warna dasar kulkas, agar menyatu indah dengan desainnya. Kathrin memilih Satin Skyblue dan Satin Beige untuk dipadukan dengan ilustrasi Timun Mas.

Sementara itu, seniman Rachel Ajeng mengundang masyarakat Indonesia untuk melihat hal-hal yang dianggap biasa dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia dengan perspektif baru. Terinspirasi dari perasaan menemukan sesuatu yang menakjubkan, seperti kisah Alice in Wonderland ketika dia jatuh ke dalam lubang kelinci, atau Lucy yang menemukan dunia Narnia di dalam lemari pakaian, Rachel ingin mengajak pengguna penikmat karya ini untuk mengimajinasikan ulang keindahan Indonesia.

Samsung BespokeSamsung Bespoke Foto: Samsung Indonesia

"Mulai dari hal-hal sederhana hingga peninggalan budaya, melalui kontras kedua aspek ini: warna-warna yang tidak identik dengan pemandangan aslinya, vibrant, mencolok, meriah, bahkan mungkin tidak familiar, dengan objek-objek yang sangat familiar dan seringkali terlupakan: pohon pisang, palem, ayam, hutan tropis Indonesia dan masih banyak lagi," ujarnya.

"Lewat karya yang khusus dibuat untuk HUT Indonesia ke-77 ini, saya harap penikmatnya dapat menghargai akar budaya masing-masing dan salah satu berkah terbesar: keindahan di setiap kesederhanaan manis yang dialami dalam kehidupan warga negara Indonesia," pungkas Rachel.

Konsumen Indonesia dapat memesan Samsung Bespoke Refrigerator Multidoor dan Bespoke AirDresser dengan ilustrasi Butterfly Garden (Taman Kupu-kupu) atau Timun Mas atau Reimagine Indonesia karya Rachel Ajeng mulai 17 Agustus 2022. Konsumen dapat memilih Samsung Bspokee Refrigerator dan AirDresser dengan warna panel dasar kulkas yang telah disesuaikan dengan desain masing-masing.



Simak Video "2 Konten Kreator TikTok Sukses Cetak Rekor MURI"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT