Siap-siap, Apple Akan Tampilkan Lebih Banyak Iklan di iPhone

ADVERTISEMENT

Siap-siap, Apple Akan Tampilkan Lebih Banyak Iklan di iPhone

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 15 Agu 2022 14:15 WIB
iPhone 13
Siap-siap, Apple Akan Tampilkan Lebih Banyak Iklan di iPhone Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Apple kabarnya akan menampilkan lebih banyak iklan di aplikasi bawaan yang ada di iPhone dan perangkat lainnya. Langkah ini mengindikasikan Apple akan memperluas bisnis iklannya yang sedang berkembang pesat.

Menurut laporan Mark Gurman dari Bloomberg, Apple akan menampilkan lebih banyak iklan di aplikasi bawaannya seperti Maps, Books, Podcasts, dan lain-lain yang saat ini masih bebas iklan. Apple disebut telah menguji coba pencarian di Maps yang akan menampilkan rekomendasi saat pengguna mencari restoran, toko, atau bisnis lain di sekitarnya.

Apple sudah menerapkan sistem iklan serupa di App Store, di mana developer bisa membayar untuk mempromosikan aplikasinya di halaman penelusuran untuk kata kunci tertentu, seperti 'game puzzle' atau 'editor foto'.

Gurman melaporkan cara kerja iklan di Maps akan sama seperti itu, di mana bisnis bisa membayar agar tampil di hasil pencarian teratas saat pengguna mencari kata kunci tertentu.

Selain Maps, Gurman meyakini Apple juga akan mengenalkan iklan di aplikasi Podcasts dan Books. Jadi penerbit bisa menempatkan iklan di area tertentu di dalam aplikasi, atau membayar agar konten mereka ditampilkan di hasil pencarian teratas.

Apple juga akan menampilkan lebih banyak iklan di App Store. Saat ini App Store sudah menampilkan iklan di tab Search, dan Gurman mengatakan Apple akan memperluas cakupannya ke tab Today dan halaman download aplikasi.

Kehadiran lebih banyak iklan di App Store memang sudah terendus sejak beberapa bulan terakhir. 9to5Mac sebelumnya melaporkan iklan di tab Today akan muncul dalam ukuran yang lebih besar dengan tulisan 'Ad' di bawah nama aplikasi, sedangkan iklan di halaman aplikasi individu akan disorot dalam warna biru di bagian 'You Might Also Like'.

Gurman juga menyebut Apple berpotensi mengenalkan iklan di layanan streaming Apple TV Plus. Kemungkinan Apple TV Plus akan hadir dengan biaya langganan yang lebih murah tapi diselingi iklan, seperti yang akan dilakukan oleh Netflix dan Disney Plus, seperti dikutip dari The Verge, Senin (15/8/2022).

Apple pertama kali mengenalkan iklan di App Store pada 2016, dan juga menampilkan iklan di aplikasi Stocks dan News. Sejak mengenalkan kebijakan App Tracking Transparency (ATT) tahun lalu, iklan jadi salah satu bisnis Apple yang paling cuan.

ATT memberikan pengguna opsi untuk mematikan alat pelacak yang digunakan pengiklan untuk menampilkan iklan yang ditargetkan. Kebijakan ini membuat bisnis iklan Apple tumbuh pesat, sedangkan kompetitor seperti Meta malah kelabakan. Menurut data firma Omdia, bisnis iklan Apple tumbuh 238% menjadi USD 3,7 miliar pada tahun 2021.

[Gambas:Youtube]



(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT