Wajib Ada! Ini 6 Aplikasi Smartphone yang Memudahkanmu Saat Liburan

ADVERTISEMENT

Wajib Ada! Ini 6 Aplikasi Smartphone yang Memudahkanmu Saat Liburan

Angga Laraspati - detikInet
Kamis, 11 Agu 2022 10:31 WIB
Aplikasi Jenius
Foto: Jenius
Jakarta -

Sebelum pergi liburan atau wisata, tentu ada beberapa keperluan yang perlu disiapkan secara matang. Selain bujet dan perlengkapan lainnya, kamu memerlukan aplikasi-aplikasi penunjang untuk memudahkanmu saat liburan.

Seiring kemajuan teknologi, kehadiran berbagai macam jenis aplikasi di smartphone tentu sangat membantumu saat beraktivitas atau berkegiatan, termasuk ketika kamu berlibur. Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa aplikasi yang wajib kamu miliki untuk membantumu menyiapkan liburan.

1. Aplikasi Peta dan Navigasi

Tentu kamu nggak mau dong tersasar di kota atau negara yang masih asing? Karena itu kamu butuh bantuan aplikasi peta dan navigasi. Aplikasi seperti Google Maps atau Waze perlu dimiliki kalau kamu ingin pergi sendiri menjelajah kota/negara baru tempat kamu berlibur tanpa perlu takut tersesat.

Selain untuk penunjuk arah, peta dan navigasi juga berguna untuk menunjukkan tempat-tempat penting, seperti penginapan, minimarket, hingga ATM terdekat. Kini, peta dan navigasi bahkan sudah dibekali petunjuk transportasi umum yang bisa digunakan di tempatmu berlibur lho!

2. Aplikasi Pemesanan Hotel dan Tiket Transportasi

Aplikasi lainnya yang bisa memudahkanmu saat berlibur adalah aplikasi untuk memesan penginapan dan tiket transportasi. Kamu tak perlu pusing lagi mencari tempat untuk beristirahat di tempat yang menjadi destinasi liburanmu maupun tiket pesawat atau moda transportasi lainnya dengan menggunakan aplikasi ini. Terlebih, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memesan dari jauh-jauh hari sehingga kamu bisa mendapatkan penginapan dan tiket transportasi dengan harga yang relatif lebih murah.

Ada banyak pilihan aplikasi yang menawarkan kemudahan-kemudahan di atas, seperti AirBnB, Booking.com, AirAsia, Traveloka, Tiket.com, dan PegiPegi. Cara pembayarannya pun bisa kamu pilih sendiri. Mulai dari menggunakan kartu debit, kartu kredit, transfer bank, atau bayar langsung ketika kamu sampai.

3. Aplikasi Ride-Hailing

Untuk memudahkan mobilitas, tentu kamu akan butuh kendaraan selama menjelajahi tempat tujuan. Nah, bila kamu tidak memungkinkan untuk membawa kendaraan di tempat berlibur, kamu bisa menggunakan taksi atau moda transportasi online yang ada. Tentunya, akan lebih mudah bila kamu bisa memesan kendaraan di mana saja saat kamu butuh, bukan?

Karena itu kamu butuh aplikasi ride-hailing yang sudah tersedia banyak di kota atau negara yang menjadi destinasi liburanmu, seperti Gojek, Grab, dan Uber. Dengan aplikasi ini, kamu bisa pindah ke satu tempat ke tempat lainnya dengan mudah. Tak hanya untuk tumpangan, beberapa ride-hailing juga menyediakan jasa pengantaran makanan lho!

4. Aplikasi Pencari Restoran

Bingung mau makan apa selama liburan? Kamu bisa memanfaatkan aplikasi pencari restoran yang ada di ponselmu, di antaranya adalah Zomato, TripAdvisor, atau Chope. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mencari makanan yang sesuai dengan keinginanmu, baik itu Western, Asian, atau kuliner lokal yang mungkin ingin kamu coba.

Lewat aplikasi itu juga, biasanya kamu bisa mengetahui harga rata-rata untuk makan di sana. Ada juga info soal fasilitas dan juga menu-menu yang ditawarkan. Jadi, kamu sudah tahu opsi restoran yang sesuai kantong.

5. Aplikasi Penerjemah Bahasa

Aplikasi ini sangat penting dan wajib ada ketika kamu pergi traveling ke luar negeri, khususnya negara yang tidak memakai Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya. Lewat penggunaan aplikasi penerjemah bahasa layaknya Google Translate, Naver Papago, dan Microsoft Translator. Kamu bisa mengubah bahasa asing ke bahasa Indonesia atau bahasa Inggris supaya bisa lebih mudah kamu pahami.

6. Aplikasi Keuangan

Aplikasi keuangan menjadi satu aplikasi yang wajib kamu miliki ketika berlibur. Apalagi saat ini banyak merchant yang ada di kota-kota besar di berbagai negara sudah menerapkan transaksi cashless, dengan opsi pembayaran menggunakan kartu debit atau kredit.

Meski begitu, tak semua aplikasi keuangan punya fitur mumpuni. Untuk itulah, kamu harus menggunakan aplikasi yang sudah dibekali dengan fitur-fitur keuangan yang simpel, cerdas, dan aman, seperti Jenius dari Bank BTPN.

Jenius memiliki 7 pilihan saldo Mata Uang Asing (dolar Amerika, dolar Singapura, dolar Australia, dolar Hong Kong, poundsterling Inggris, yen Jepang, dan Euro) yang tersedia untuk semua pengguna Jenius dan bisa diaktifkan setiap hari kerja, mulai dari pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB tanpa perlu ke bank.

Saldo Mata Uang Asing tersebut dapat dihubungkan ke Kartu Debit utama Jenius (m-Card) untuk tarik tunai di ATM maupun transaksi di merchant yang terkoneksi dengan jaringan Visa di seluruh dunia. m-Card juga dilengkapi dengan fitur Visa Contactless, sehingga kamu bisa melakukan pembayaran di merchant Visa hanya dengan menempelkan Kartu Debit Jenius pada mesin, tanpa perlu memasukan PIN atau tanda tangan.

Dengan fitur ini, para pengguna Jenius dapat dengan mudah menukarkan Mata Uang Asing hingga menghubungkan Mata Uang Asing yang sudah ditukarkan ke m-Card untuk memudahkan proses transaksi selama berada di luar negeri.

Kemudahan yang diberikan oleh Jenius ini menjadi cara Jenius dalam menghadirkan solusi life finance yang dapat membantu dalam pengelolaan kehidupan dan keuangan dengan lebih baik. Jenius sebagai pionir perbankan digital di Indonesia yang bulan Agustus 2022 ini genap berusia 6 tahun mengapresiasi para digital savvy yang sudah mempercayai Jenius sebagai teman untuk mengelola kehidupan dan keuangan mereka.

Jenius terus berkokreasi dan berkolaborasi untuk menghadirkan fitur-fitur yang relevan bagi masyarakat digital savvy. Salah satunya adalah fitur Mata Uang Asing yang memudahkan pengguna Jenius untuk bertransaksi saat berada di luar negeri. Jenius pun mendukung penggunanya untuk membuat langkah kecil dengan Mata Uang Asing melalui program #langkahkecilhariini.

Selebihnya mengenai Jenius dan berbagai fiturnya dapat diakses melalui laman berikut ini.

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT