iPadOS 16 Ditunda, Ini Penyebabnya

ADVERTISEMENT

iPadOS 16 Ditunda, Ini Penyebabnya

Anggoro Suryo - detikInet
Kamis, 04 Agu 2022 19:42 WIB
iPadOS 16
Foto: Apple
Jakarta -

Meski iPadOS sudah menjadi sistem operasi terpisah dari iOS, perilisan kedua sistem operasi tersebut (dan berbagai OS Apple lain) biasanya dilakukan bersamaan. Namun khusus untuk iPadOS 16, perilisannya disebut akan tertunda. Ini penyebabnya.

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, Apple baru akan merilis iPadOS 16 sekitar sebulan setelah iOS 16 dirilis. Jadi, jika iOS 16 dirilis pada September mendatang, iPadOS 16 (versi penuh) baru bisa dijajal pada Oktober, demikian dikutip detikINET dari detikINET, Kamis (4/8/2022).

Biang kerok dari penundaan ini adalah fitur Stage Manager untuk iPadOS 16 ini ternyata membutuhkan waktu lebih lama dalam pengembangannya. Selama masa beta saat OS ini diuji, para developer mengeluhkan Stage Manager ini membingungkan dan menimbulkan banyak masalah.

Belum lagi soal kompatibilitas, di mana Stage Manager ini hanya tersedia untuk iPad yang menggunakan SoC M1, bukan SoC seri A yang masih dipakai di mayoritas iPad di pasaran.

Penundaan iPadOS 16 ini juga membuatnya bakal dirilis berdekatan dengan peluncuran iPad baru, yang biasanya terjadi pada bulan Oktober. Deretan iPad baru tersebut salah satunya mungkin adalah iPad Pro dengan chip M2, juga iPad versi murah dengan port USB-C.

Sejauh ini Apple menolak berkomentar mengenai penundaan iPadOS 16 ini. Meski sebelumnya mereka pernah menyebut kalau beberapa fitur yang ada di sistem operasi tersebut, juga di iOS 16, mungkin tak akan tersedia saat pertama dirilis.

Jadi kemungkinannya ada dua, pertama, iPadOS 16 benar-benar ditunda kehadirannya, atau kedua, iPadOS 16 dirilis sesuai jadwal namun tanpa Stage Manager pada versi awalnya.

Saat ini baik iOS 16 maupun iPadOS 16 sudah tersedia dalam bentuk publik beta, jadi bagi Anda yang tak sabar untuk menjajal, OS baru tersebut sudah dapat diunduh dan diinstal.

Tentunya dengan risiko yang ditanggung sendiri, karena pada dasarnya OS-nya masih berada pada tahap beta, yang artinya mungkin masih ada masalah yang tersimpan. Biasanya memang OS versi public beta dari Apple relatif stabil, namun tetap saja agar aman anda lebih baik mem-backup data perangkat terlebih dahulu sebelum melakukan pembaruan.

Begini cara instal iOS 16 beta

  • Masuk ke portal beta software milik Apple lewat browser Safari di ponsel, dan login atau sign up menggunakan Apple ID anda.
  • Daftarkan perangkat iOS yang dipakai di laman tersebut, jangan lupa baca dulu syarat dan ketentuan panjang yang ada di laman tersebut.
  • Setelah mendaftarkan perangkat, scroll ke bawah sampai menemukan tombol "download profile", dan klik tombol tersebut. Akan muncul peringatan kalau situs sedang mencoba mengunduh profil konfigurasi, dan pilih izinkan. Akan muncul pop-up yang menyatakan kalau anda bisa menggunakan profil ini dalam aplikasi Settings.
  • Buka aplikasi Settings, akan ada bagian baru bernama Profile Downloaded di bagian atas. Masuk ke bagian itu, dan anda akan menemukan akses untuk mengunduh OS beta.
  • Pilih Install di bagian kanan atas. Anda perlu memasukkan password dan menyetujui syarat dan ketentuan, dan mengklik tombol Install sekali lagi.
  • Anda mungkin perlu menyalakan ulang ponsel untuk mengaktivasi profil.
  • Setelah proses tersebut berhasil, cek versi OS di Settings > General > Software Update, dan akan muncul opsi untuk memperbarui ke iOS 16. Pilih Download and Install dan ikuti petunjuk lebih lanjut di layar.


Simak Video "iOS 16 Beta 4 Beri Perubahan Baru di Beberapa Fitur"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT