Kenali Risiko Pakai Charger Non Ori, Bisa Overheat

ADVERTISEMENT

Kenali Risiko Pakai Charger Non Ori, Bisa Overheat

Anggoro Suryo - detikInet
Kamis, 04 Agu 2022 17:14 WIB
Ponsel meledak yang tewaskan bocah Ciamis
Foto: Dadang Hermansyah/detikJabar
Jakarta -

Kejadian HP meledak yang terjadi di Ciamis, Jawa Barat diduga salah satunya terjadi karena penggunaan charger yang tidak berkualitas. Sebenarnya, penggunaan charger HP bukan bawaan pabrik ada risikonya.

Menurut pengamat gadget Lucky Sebastian, beberapa penyebab utama dari HP yang meledak antara lain adalah kondisi dan keaslian baterai dan charger. Meski sebenarnya hal tersebut tetap membutuhkan pengujian dan investigasi lebih lanjut.

"Ini sebenarnya masih butuh uji penyebab sesungguhnya untuk mengetahui mengapa bisa terbakar. Apakah baterai kembung, apakah baterainya asli, apakah device pernah dibongkar atau diservis tidak proper," jelasnya saat dihubungi detikINET, Kamis (4/8/2022).

Menurut Lucky, charger non orisinal alias charger buatan pihak ketiga dengan harga murah biasanya tak dilengkapi dengan sistem keamanan yang mumpuni. Hal inilah yang bisa menjadi risikonya.

"Charger murah biasanya dibuat dengan mengabaikan sistem keamanan atau proteksi, jadi partnya suka tidak ada," jelasnya.

Sistem keamanan yang dimaksud ini, menurut pengamat gadget Herry SW yang dihubungi secara terpisah, salah satunya adalah kemampuan charger untuk menyetop proses pengisian saat terjadi panas yang berlebih.

"Kalau sudah terjadi panas berlebih, charger bisa menghentikan proses charging. Ponsel pun dapat memadamkan diri (shutdown) otomatis. Jadi, panas berlebih itu nggak sampai kelewat batas," jelas Herry.

Sayangnya, penggunaan charger berkualitas rendah ini sangat lazim di kalangan pengguna. Terutama di kalangan yang tidak terlalu paham dan peka harga.

Padahal, pemakaian pemakaian charger tak berkualitas ini jika dikombinasikan dengan baterai dan kabel yang tak berkualitas baik, bisa menjadi sangat berbahaya.

"Iya, berbahaya sekali. Apalagi, ponsel dipakai intensif sambil di-charge. Rawan banget," tambahnya.

Kembali kepada Lucky, dia menjelaskan, sebenarnya charger yang aman ini tak melulu charger orisinal keluaran brand pembuat ponsel. Karena menurutnya banyak juga charger buatan pihak ketiga yang berkualitas bagus.

"Sebenarnya charger tidak harus ori, asal chargernya tidak abal-abal. Banyak charger bagus di online store, seperti Anker, Aukey, Baseus, Usams, dll," jelas pria asal Bandung ini.



Simak Video "KuTips: Mencegah HP Gampang Meledak!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT