Bos Lamborghini Digaet untuk Garap Apple Car

ADVERTISEMENT

Bos Lamborghini Digaet untuk Garap Apple Car

Anggoro Suryo - detikInet
Rabu, 03 Agu 2022 08:13 WIB
Apple Car siap meluncur tahun 2024
Foto: Autoevolution
Jakarta -

Apple disebut sudah menggarap mobil pertamanya sejak bertahun-tahun, dan kini untuk memperkuat timnya, mereka menggaet seorang eksekutif Lamborghini.

Namanya Luigi Taraborrelli, sebelumnya ia sudah bekerja di Lamborghini selama dua dekade, dan jabatan terakhirnya adalah Chief of Chassis and Vehicle Dynamics. Di Apple, Taraborrelli akan memimpin tim yang mendesain Apple car.

Perekrutan ini tampaknya sangat spesifik, karena Taraborrelli adalah sosok yang menggarap deretan mobil seperti Urus, Huracan, dan Avantador untuk Lamborghini. Ia juga menggarap Huracan edisi terbatas bernama Sterrato yang merupakan supercar versi offroad.

Pengalamannya dalam mendesain sasis, suspensi, sistem pengereman, dan lain-lain, menunjukkan kalau Apple sudah mencapai tahap akhir dalam mendesain mobilnya itu, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Rabu (3/8/2022).

Sebelum Taraborrelli, ada juga Desi Ujkashevic, mantan bos pengembangan keamanan di Ford, yang direkrut pada Mei lalu. Sejauh ini tim pengembangan Apple car sudah diisi oleh sejumlah veteran dari berbagai perusahaan pembuat mobil lain.

Sebut saja Ulrich Kranz, mantan bos Canoo dan mantan bos divisi BMW EV, juga Stuart Bowers, mantan bos tim pengembang Autopilot di Tesla. Begitu juga ratusan engineer kawakan dari Tesla, Rivian, Waymo, Volvo, dan Mercedes Benz, yang sudah ada di dalamnya.

Apple sudah mengembangkan mobilnya ini sejak 2014, namun sampai sekarang belum terlihat sudah sampai mana pengembangannya. Mobil ini diprediksi akan dirilis pada 2025, dengan desain yang unik.

Yaitu dengan posisi duduk penumpang yang saling berhadapan dengan interior layaknya sebuah limusin. Ambisi Apple adalah membuat mobil tanpa setir ataupun pedal, dan bergantung sepenuhnya pada teknologi mobil otonom. Meski banyak yang sangsi kalau hal ini bisa dilakukan, setidaknya dengan teknologi yang ada saat ini.



Simak Video "Cara Pemakaian Adaptor Charger Dual Port USB-C Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT