Samsung Mulai Kirim Chip 3nm GAA ke Penambang Kripto

ADVERTISEMENT

Samsung Mulai Kirim Chip 3nm GAA ke Penambang Kripto

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 26 Jul 2022 13:40 WIB
Samsung mulai produksi chip 3nm
Produksi chip 3nm Samsung. Foto: dok. Samsung
Jakarta -

Samsung menepati janjinya dengan mengapalkan chip 3nm GAA perdananya untuk penambang kripto, lewat sebuah acara perayaan dan menjadi pembuat chip 3nm pertama di dunia.

Acara perayaan itu diselenggarakan di Hwaseong Campus, Gyeonggi-do, Korea Selatan, dan dihadiri oleh sejumlah pejabat Samsung dan politisi Korsel, demikian dikutip detikINET dari Wccftech, Selasa (26/7/2022).

Chip 3nm GAA pertama ini bukan dipesan oleh perusahaan seperti Qualcomm untuk chip ponsel, melainkan untuk penambang kripto. Ke depannya Samsung tentu berencana memproduksi massal chip baru ini untuk para pembuat chip ponsel.

Keunggulan chip 3nm GAA ini adalah bisa melewati batasan yang ada di proses FinFET yang sebelumnya dipakai, terutama soal performa dan efisiensi daya. Samsung mengklaim dengan proses fabrikasi ini, chipnya bisa lebih hemat daya sebanyak 45% dan performa yang 23% lebih kencang dibanding proses 5nm.

Peningkatan ini dicapai dengan menggunakan pemrosesan yang disebut arsitektur transistor Gate-All-Around (GAA FET) yang merupakan pembaruan dari arsitektur FinFET.

Samsung mengatakan pemrosesan ini akan digunakan untuk 'komputasi kinerja tinggi, daya rendah' dan untuk prosesor mobile akan menyusul kemudian. Nantinya pemrosesan 3nm generasi kedua diharapkan bisa mengurangi konsumsi daya hingga 50%, ukuran hingga 35%, dan meningkatkan performa hingga 30%.

"Pada tanggal 25 ini, Samsung Electronic menggelar seremoni pengapalan produk 3nm yang menggunakan transistor berteknologi GAA (Gate All Around) di lini V1 di Hwaseong Campus, Gyeonggi-do. Acara ini dihadiri oleh 100 orang, termasuk Menteri Perdagangan, Industri, dan Energy CHangyang Lee," tulis Samsung dalam pernyataannya.

Teknologi 3nm GAA ini diperkirakan akan diproduksi massal untuk Exynos 2300. Namun ada juga kemungkinan kalau proses ini akan dipakai untuk memproduksi Snapdragon 8 Gen 2.

Sementara itu kompetitor terbesar Samsung di ranah semikonduktor, TSMC, dilaporkan baru akan mulai memproduksi massal chip 3nm dalam beberapa waktu ke depan. Chip 3nm dari TSMC itu kemungkinan akan pertama dipakai di chip Apple M2 Pro dan M2 Max untuk jajaran MacBook Pro dan berbagai produk Apple lainnya.

[Gambas:Youtube]




(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT