Pixel Buds Pro Siap Tantang AirPods Pro

ADVERTISEMENT

Pixel Buds Pro Siap Tantang AirPods Pro

Anggoro Suryo - detikInet
Minggu, 24 Jul 2022 11:20 WIB
Google Pixel Buds Pro
Google Pixel Buds Pro. Foto: Dok. Google
Jakarta -

Earphone true wireless stereo (TWS) Pixel Buds Pro besutan Google memang belum dirilis, namun Google sudah menyiapkan fitur baru untuk penantang AirPods Pro tersebut.

Fitur baru itu adalah auto switch, di mana TWS bisa berpindah antara satu perangkat ke perangkat lain secara otomatis, tergantung perangkat yang membutuhkan. Bahkan fitur ini bisa aktif otomatis tanpa perlu pengaturan di menu ponsel.

AirPods Pro, dan berbagai AirPods lain juga punya fitur ini, di mana TWS tersebut bisa pindah dari perangkat Apple satu ke perangkat yang lain (dengan Apple ID yang sama) sesuai dengan perangkat yang sedang dipakai.

"Teknologi perpindahan audio kami dibuat di atas Fast Pair untuk menggunakan informasi kontekstual tentang apa yang sedang didengarkan oleh pengguna untuk memindahkan audio berdasarkan apa yang sedang dilakukan," tulis Angle Hsiao dari Google dalam postingan di blog resminya.

"Kami punya banyak kategori yang diurutkan untuk menentukan prioritas suara antara panggilan telepon, media, dan bermacam suara yang bisa dikeluarkan oleh perangkat," tambahnya.

Sebagai informasi, Fast Pair adalah fitur yang bisa menghubungkan TWS ke perangkat hanya dengan meletakkan perangkat secara berdekatan, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (24/7/2022).

Di atas kertas, fitur auto switching ini memang terlihat berguna. Namun pada praktiknya, seringkali AirPods memindahkan koneksinya ke perangkat lain di waktu yang tak diinginkan. Meski sebenarnya pengguna bisa mematikan fitur ini jika dirasa mengganggu.

Hal inilah yang tampaknya coba diatasi oleh Google dengan menambahkan fitur untuk memindahkan koneksi ke perangkat awal hanya dengan satu sentuhan.

"Seperti di semua Android, anda punya pengalaman kontrol penuh dengan notifikasi yang muncul jika anda ingin memindahkan audio kembali ke perangkat awal hanya dengan satu sentuhan," tambah Hsiao.

Sebenarnya ada fitur lain yang akan lebih berguna untuk TWS ataupun headphone Bluetooth biasa. Yaitu fitur Bluetooth multipoint, di mana TWS atau headphone bisa terhubung ke lebih dari satu perangkat dalam waktu bersamaan.

Jadi TWS tak perlu memindahkan koneksi dari satu perangkat ke perangkat lain jika dibutuhkan. Untungnya, Pixel Buds Pro mendukung Bluetooth multipoint, namun tampaknya Google lebih percaya pada fitur auto switching untuk pengguna dengan perangkat lebih dari satu.

Oh ya, fitur audio switching ini juga tak akan melulu eksklusif di Pixel Buds Pro, karena fiturnya juga akan hadir di beberapa headphone buatan Sony dan JBL dalam beberapa minggu ke depan.

Google pun menjanjikan akan menghadirkan pembaruan software besar dalam beberapa bulan ke depan. Dalam pembaruan tersebut akan dihadirkan penambahan fitur noise cancelling dan head tracking spatial audio.



Simak Video "Ini Dia Penantang Baru AirPods Pro Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT