Bocoran HP Jagoan Asus Zenfone 9, Punya Tombol Scroll Unik

ADVERTISEMENT

Bocoran HP Jagoan Asus Zenfone 9, Punya Tombol Scroll Unik

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 08 Jul 2022 14:15 WIB
Asus Zenfone 9
Foto: Dok. SnoopyTech
Jakarta -

Asus tak sengaja (atau mungkin memang sengaja) membocorkan video promosi untuk Zenfone 9 di kanal YouTube-nya, dan dari video itu terlihat kalau ponsel flagship tersebut punya fitur yang tampaknya menarik.

Salah satu fitur tersebut adalah Asus memanfaatkan sensor sidik jari di pinggir ponsel yang bisa dipakai untuk men-scroll halaman situs web. ZenTouch, nama fitur ini, ditunjukkan dalam sebuah animasi di mana pengguna bisa men-scroll laman situs lewat tombolnya.

Tentu Asus bukan yang pertama menghadirkan fitur sejenis. Misalnya di Galaxy Z Flip dan Fold 3, Samsung memanfaatkan sensor sidik jari untuk membuka panel notifikasi ponsel. Bahkan Pixel 2 keluaran bertahun-tahun lalu pun sudah punya fitur ini lewat sensor sidik jari di belakang ponselnya.

Mungkin ZenTouch ini bisa dipakai bernostalgia ponsel jadul, yang lazimnya menggunakan tombol scroll atau tombol fisik lain untuk bernavigasi di browser, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (8/7/2022).



Di luar ZenTouch, Zenfone 9 tetap menjadi perangkat yang menarik terutama karena ukurannya. Berdasarkan bocoran yang ada, Zenfone 9 bakal punya layar 5,9 inch 120Hz. Terbilang kecil untuk ukuran ponsel masa kini.

Otaknya adalah Snapdragon 8 Plus Gen 1, SoC terkencang Qualcomm saat ini, dilengkapi baterai 4.300 mAh, dan kamera belakang Sony IMX766. Kabarnya ponsel ini akan dijual dengan harga USD 850, yang relatif cukup tinggi dibanding Zenfone 8 yang harganya USD 699.

Dalam video promo tersebut terlihat Asus juga memamerkan kemampuan stabilisasi gambarnya lewat 6 axis hybrid gimbal stabilizer. Fitur ini memanfaatkan aksesoris yang terlihat seperti sebuah dudukan ponsel yang dilengkapi semacam tali untuk menstabilkan gambar.

Namun tentu saja ini masih berupa bocoran, dan untuk kepastiannya masih harus menunggu perilisan ponsel ini oleh Asus.

Asus Zenfone 9Asus Zenfone 9 Foto: Dok. SnoopyTech


Simak Video "Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone 9 di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT