5 Penyebab iPhone Tak Bisa Di-charge

ADVERTISEMENT

5 Penyebab iPhone Tak Bisa Di-charge

Anggoro Suryo - detikInet
Rabu, 29 Jun 2022 22:37 WIB
iPhone 13 Pro
iPhone 13 Pro. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Mungkin pengguna iPhone (atau ponsel apa pun) pernah mengalami perangkatnya itu tak bisa di-charge atau diisi ulang baterainya, atau bisa diisi ulang namun sangat lambat. Apa saja sih penyebabnya?

Khusus untuk iPhone, Apple masih mempertahankan port Lightning sebagai lubang pengisi daya. Port ini bisa dibolak-balik layaknya USB-C, dan khusus iPhone 8 ke atas, bisa juga diisi dayanya secara nirkabel.

Berikut ini penyebab iPhone tak bisa di-charge baterainya, seperti dikutip detikINET dari 9to5Mac, Rabu (29/6/2022):

  • Suhu terlalu panas atau dingin. Apple menyebutkan suhu ruangan yang pas untuk iPhone adalah antara 0-35 derajat celcius. Jika suhu ruangan atau bodi iPhone di luar rentang itu, coba dinginkan (atau hangatkan) iPhone terlebih dahulu.
  • Coba bolak balik kabel Lightning yang tercolok ke iPhone. Meski pada teorinya kedua sisi port bisa dipakai, namun terkadang ada satu sisi yang bermasalah. Apple menyebut mungkin iPhone perlu dicolok selama kurang lebih 30 menit untuk bisa memunculkan notifikasi charging. Namun pada praktiknya, seharusnya antara 5-10 menit sudah cukup.
  • Coba kabel atau adaptor charger lain, atau mungkin coba colokan listrik lain. Karena bisa saja itu penyebab iPhone tak bisa diisi ulang baterainya.
  • Cek port Lightning menggunakan kaca pembesar. Siapa tahu, di dalamnya ternyata dipenuhi kotoran seperti debu atau benang-benang kecil yang masuk ke dalam port saat iPhone dikantongi di celana. Namun anda perlu berhati-hati untuk membersihkan port ini, jangan sampai konektor kecil di dalamnya malah rusak.
  • Restart iPhone. Mungkin ini adalah cara yang terlihat paling standar. Namun terkadang, masalahnya memang bisa diselesaikan dengan cara sesederhana itu.

Berikut adalah cara force restart iPhone

  • iPhone 8 ke atas: Tekan dan langsung lepas tombol volume up, kemudian tekan dan lepas tombol volume down. Terakhir, tekan dan tahan tombol power sampai muncul logo Apple.
  • iPhone 7 dan iPhone 7 Plus: Tekan dan tahan tombol power dan tombol volume down sampai muncul logo Apple.
  • iPhone 6S ke bawah: Tekan dan tahan tombol power bersama dengan tombol Home sampai muncul logo Apple.

Jika semua cara di atas sudah dicoba dan tetap tidak berhasil, mungkin sudah saatnya anda membawa iPhone-nya ke service center untuk dicek dan diperbaiki.

[Gambas:Youtube]



(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT