iPhone Merajalela, HP Android Kepayahan di Pasar Premium

ADVERTISEMENT

iPhone Merajalela, HP Android Kepayahan di Pasar Premium

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 26 Jun 2022 06:30 WIB
iPhone 13
iPhone 13. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Secara keseluruhan, pangsa pasar iPhone memang kalah dari ponsel Android. Tapi beda cerita di pasar ponsel premium, iPhone bisa dibilang merajalela dan ponsel Android yang bermain di segmen itu kepayahan, kecuali Samsung.

Data terbaru dari biro riset Counterpoint Research untuk kuartal I 2022 yang berakhir bulan Maret kemarin, mengungkap bahwa iPhone menguasai 62% pasar smartphone premium dunia. Dengan kata lain, dua pertiga dari seluruh ponsel high end yang terjual adalah iPhone.

Ponsel premium sendiri adalah kategori ponsel yang harganya setara atau di atas USD 400. Pangsa pasar iPhone sendiri naik 5% dari sebelumnya, sehingga makin jauh dari rival Android.

Berada di posisi nomor satu ponsel premium terlaris adalah iPhone 13 dengan market share dominan sebesar 23%, diikuti berturut-turut oleh iPhone 13 Pro Max, iPhone 13 Pro dan iPhone 12. Baru di posisi lima muncul ponsel Android, yakni ponsel flagship Samsung Galaxy S22 Ultra 5G.

Samsung memang cukup jagoan di segmen premium sebagai pesaing iPhone, di mana pada kuartal itu, perangkat Galaxy high end memegang 16% pangsa pasar, agak menurun dari sebelumnya 18%.

Namun itu bukan berarti popularitas Galaxy S berkurang, melainkan memang Galaxy S22 terhitung belum lama diluncurkan pada bulan Februari kemarin. Artinya, masa penjualannya belum begitu lama.

"Masih perlu dilihat lagi apakah Samsung bisa sukses lagi di kuartal ini, namun awalnya sudah terlihat bagus. Tidak hanya S22 Ultra adalah ponsel Android flagship yang paling populer, tapi juga yang paling tenar di keseluruhan ponsel Android yang ada," tulis Phone Arena yang dikutip detikINET.



Simak Video "Ada Kontroler Game PS4 di iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT