Tim Cook Buka-bukaan Soal Headset AR Apple

Tim Cook Buka-bukaan Soal Headset AR Apple

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 24 Jun 2022 08:45 WIB
Tim Cook
Tim Cook Buka-bukaan Soal Headset AR Apple Foto: Reuters
Jakarta -

Apple telah lama dirumorkan akan segera meluncurkan headset augmented reality (AR). Kini CEO Apple Tim Cook blak-blakan soal mimpi dan rencana Apple di sektor AR.

Dalam wawancaranya dengan China Daily USA, Cook ditanya tentang faktor apa saja yang bisa menjamin teknologi AR agar sukses di pasar consumer. Sebelumnya, Cook pernah berkali-kali mengungkap betapa pentingnya AR bagi Apple.

"Saya sangat bersemangat tentang AR seperti yang Anda mungkin ketahui. Dan hal terpenting untuk teknologi apapun, termasuk AR, adalah menempatkan kemanusiaan pada pusatnya," kata Cook, seperti dikutip dari CNBC, Jumat (24/6/2022).

Ia kemudian menjelaskan sudah sejauh apa keterlibatan Apple dalam mengembangkan teknologi AR, yang disebutnya masih fokus kepada aplikasi AR untuk iPhone dan iPad.

Menurut Cook, saat ini perkembangan teknologi AR masih dalam tahap awal. Tapi pria berusia 61 tahun ini tiba-tiba secara tidak langsung menginformasi bahwa Apple sedang mengembangkan headset AR pertamanya.

"Saya sangat bersemangat tentang peluang yang telah kami lihat di area ini, dan tetap ikuti perkembangan dari kami dan Anda akan melihat apa yang akan kami tawarkan," ujarnya.

Soal headset AR buatan Apple sendiri sudah dirumorkan selama bertahun-tahun, dan bahkan ada yang melaporkan bahwa produsen iPhone itu sedang mengembangkan headset AR/VR atau yang biasa disebut sebagai mixed reality.

Headset AR buatan Apple kabarnya merupakan unit yang bisa berfungsi sendiri karena komputernya dibuat menyatu dengan headset. Analis Ming-Chi Kuo bahkan mengatakan chip yang akan dipakai di headset AR Apple akan memiliki performa yang sama seperti chip yang diusung Mac.

Rumor terbaru mengatakan bahwa headset AR Apple sudah hampir siap. Apple sedang menggenjot pengerjaan sistem operasinya yang dinamai Reality OS, dan anggota direksi Apple bahkan sempat menjajal perangkat tersebut.

Bloomberg melaporkan Apple berencana mengenalkan headset ini pada akhir tahun 2022, tapi bisa saja diundur hingga awal tahun 2023. Laporan yang sama mengatakan Apple akan mulai menjual headset tersebut pada tahun 2023.

Jika rumor ini terbukti benar, maka Apple akan mengejar ketertinggalannya dengan kompetitor yang sudah terjun ke dunia AR/VR terlebih dahulu. Seperti Microsoft yang sudah meluncurkan kacamata AR Hololens, dan Meta/Facebook yang kini fokus mengembangkan dunia virtual di metaverse.



Simak Video "Apple Bakal Ungkap Headset AR/VR Saat WWDC 2022?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)