Nasib Ponsel Nokia Saat Ini, Tak Sejaya Dulu Tapi...

Nasib Ponsel Nokia Saat Ini, Tak Sejaya Dulu Tapi...

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 21 Jun 2022 06:17 WIB
Nokia 210
Feature phone Nokia 210. Foto: Dok. Android Authority
Jakarta -

Ponsel Nokia jelas tidak sepopuler di zaman dahulu, pada saat mereka masih nama besar dan lekat di benak banyak orang. Namun ternyata ponsel legendaris ini masih menunjukkan taringnya. Seperti apa?

Saat ini, merek Nokia dipegang oleh perusahaan bernama HMD Global, atas lisensi dari Nokia yang lebih mengutamakan bisnis infrastruktur telekomunikasi. Mereka yang mengedarkan dan menjualnya termasuk di Indonesia.

Jika dilihat dari sisi penjualan smartphone, ponsel Nokia memang tertinggal cukup jauh dari merek-merek lain. Riset dari IDC untuk kuartal IV 2021 menunjukkan bahwa smartphone Nokia laku terjual 3,2 juta unit.

Jumlah itu cukup banyak, tapi hanya mampu menempatkan Nokia sebagai produsen terbesar nomor 14 di dunia, naik dari posisi 16 di kuartal sebelumnya. Artinya, smartphone Nokia dari sisi penjualan tidak ada apa-apanya dibandingkan Samsung, iPhone, Oppo atau Xiaomi yang ada di posisi atas.

Namun beda halnya dengan feature phone, sebutan untuk ponsel murah yang sejenis dengan ponsel klasik seperti 3310. Di bisnis ini, Nokia masih perkasa sebagai produsen terbesar kedua di dunia, hanya kalah dari iTel Mobile dari China.

Seperti dikutip detikINET dari Nokiamob, IDC menyebut jika Nokia mengapalkan 11,2 juta unit feature phone di kuartal IV 2021 itu. Artinya secara total, penjualan gabungan feature phone dan smrtphone Nokia berada di angka 14,4 juta unit.

Jelas Nokia yang sekarang tidak lagi raja ponsel dunia, yang mampu menjual ratusan juta unit dan produk-produknya selalu laris jadi bahan pembicaraan. Akan tetapi setidaknya mereka masih eksis dan lumayan diminati oleh para penggemarnya.



Simak Video "Kabar Gembira! Nokia Seri C,G dan X Bisa Gunakan Spotify"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)