Bocoran Performa Samsung Galaxy Z Fold 4 yang Makin Gahar

Bocoran Performa Samsung Galaxy Z Fold 4 yang Makin Gahar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 18 Jun 2022 06:16 WIB
Samsung Galaxy Z Fold 4
Bocoran Performa Samsung Galaxy Z Fold 4 yang Makin Gahar Foto: OnLeaks/SmartPrix
Jakarta -

Samsung Galaxy Z Fold 4 dirumorkan akan meluncur tahun ini. Informasi seputar ponsel layar lipat ini sudah beberapa kali dibocorkan, dan yang terbaru adalah bocoran soal spesifikasinya yang makin gahar.

Rumor yang sudah beredar sebelumnya menyebutkan bahwa Galaxy Z Fold 4 akan menggunakan chip Snapdragon 8 Plus Gen 1. Klaim tersebut makin dikuatkan setelah listing di situs benchmark Geekbench mengungkap Galaxy Z Fold 4 yang mengusung chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Galaxy Z Fold 4 dengan kode SM-F936U yang mampir di Geekbench merupakan model yang ditujukan untuk pasar Amerika Serikat. Model ini juga dilengkapi dengan RAM 12 GB dan menjalankan Android 12.

Listing di Geekbench ini tidak hanya mengungkap spesifikasi intinya, tapi juga performa Galaxy Z Fold 4. Berkat chipset terbaru dari Qualcomm tersebut, Galaxy Z Fold 4 berhasil mencetak skor 1.351 untuk single-core dan 3.808 untuk multi-core, seperti dikutip dari Phone Arena, Sabtu (18/6/2022).

Hasil uji benchmark diduga Samsung Galaxy Z Fold 4 muncul di GeekbenchHasil uji benchmark diduga Samsung Galaxy Z Fold 4 muncul di Geekbench Foto: Geekbench

Snapdragon 8 Plus Gen 1 memang membawa banyak peningkatan dari segi performa jika dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 1 yang diusung Galaxu S22 series dan Snapdragon 888 yang dibawa Galaxy Z Fold 3.

Untuk angka spesifiknya, Qualcomm mengklaim Snapdragon 8 Gen 1 diklaim 20% lebih cepat dan 30% lebih efisien ketimbang Snapdragon 888. Sedangkan Snapdragon 8 Plus Gen 1 disebut membawa performa CPU 10% lebih cepat dan efisiensi daya 30% lebih besar.

Perbandingan hasil benchmark antara Galaxy Z Fold 4 dan pendahulunya juga terlihat mengesankan. Menurut uji benchmark Geekbench dalam review Galaxy Z Fold 3 oleh detikINET, ponsel layar lipat itu mencatat skor 751 untuk single-core dan 2.251 untuk multi-core.

Performa Galaxy Z Fold 4 kemungkinan terbantu oleh teknologi UFS 4.0 untuk memori internalnya. Kabarnya, Samsung juga akan menghadirkan Galaxy Z Fold 4 dengan varian memori internal hingga 1TB.

Galaxy Z Fold 4 masih akan memiliki desain yang sama seperti Galaxy Z Fold 3, tapi dengan engsel yang lebih tipis dan lipatan di layar yang tidak begitu terlihat. Kabarnya kamera utama dan telephoto yang dibawa Galaxy Z Fold 4 juga akan ditingkatkan.

Ponsel ini diprediksi akan diumumkan pada 10 Agustus 2022 bersama Galaxy Z Flip 4. Keduanya akan mulai dijual pada 26 Agustus 2022.



Simak Video "4 HP Baru Samsung yang Dipasarkan di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)