Cerita Steve Jobs Benci Android Setengah Mati - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Cerita Steve Jobs Benci Android Setengah Mati

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 11 Jun 2022 16:48 WIB
Peluncuran iPhone pertama pada 2007 oleh Steve Jobs
Steve Jobs dan Eric Schmidht ketika masih dekat. Foto: Screenshot YouTube

Di sinilah Steve Jobs benar-benar marah. Maka, Apple banyak melancarkan gugatan hukum, misalnya pada fitur multitouch di Android yang dinilai tiruan iOS.

"Kita tidak memasuki bisnis pencarian. Mereka malah memasuki bisnis ponsel. Jangan salah, Google ingin membunuh iPhone. Kita tidak akan membiarkan mereka," kata Steve pada para karyawan Apple.

Steve pun pernah menemui Eric di sebuah kafe di mana mereka makan bersama. Steve mengatakan ia tidak ingin apapun dari Google selain berhenti meniru iOS.

"Aku tidak ingin uangmu. Jika kamu menawarkan USD 5 miliar, aku tidak menginginkannya. Aku punya cukup banyak uang. Aku ingin kalian berhenti memakai ide kami di Android, itu yang kuinginkan," cetus Steve kepada Eric.

Eric sendiri membantah bahwa hubungannya dengan Steve Jobs rusak gegara Google meluncurkan Android. "Sebagai bagian dari bergabungnya aku di direksi Apple, kami paham bahwa Apple dan Google akan menjadi perusahaan yang bermitra dan juga berkompetisi," kata Eric seperti dikutip detikINET dari Forbes, Sabtu (11/6/2022).

"Dan kami setuju jika kami menjadi lebih sebagai kompetitor daripada mitra, maka akan tepat kalau kami berpisah. Steve dan aku tetap teman baik dan aku sangat respek pada kepemimpinannya yang luar biasa," cetusnya ketika itu.

(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT