Mantan Bos Google: 5G Amerika Tertinggal Jauh dari China

ADVERTISEMENT

Mantan Bos Google: 5G Amerika Tertinggal Jauh dari China

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 19 Feb 2022 07:11 WIB
Ilustrasi jaringan 5G
Ilustrasi 5g. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Mantan CEO Google, Eric Schmidt, mengkritik habis pemerintah Amerika Serikat terkait perkembangan jaringan 5G di negara itu. Menurutnya, pemerintah telah abai sehingga Amerika tertinggal jauh, terutama dengan China.

Dalam tulisannya di Wall Street Journal bersama profesor Harvard, Graham Allison, AS saat ini tertinggal hampir di semua dimensi 5G di saat negara seperti China terus melesat. Mereka menyarankan pemerintah AS menjadikan 5G sebagai prioritas utama.

Sebab jika tidak demikian, China akan memiliki masa depan 5G yang akan sangat penting manfaatnya. Seperti dikutip detikINET dari Independent, 5G akan sangat krusial dalam industri dan militer.

"Kecepatan 5G yang nyata akan berujung pada terobosan-terobosan dalam kendaraan otonom, aplikasi virtual reality seperti metaverse dan area lain yang belum ditemukan," tulis Eric.

"Aplikasi-aplikasi yang didukung 5G akan memberikan manfaat bagi lembaga intelijen negara ini dan meningkatkan kapabilitas militer," tambah mereka.

Mereka menyebut bahwa kecepatan 5G di China telah melampaui AS dengan jarak yang cukup jauh, yaitu 299 Mbps dibandingkan dengan 93,73 Mbps. Hal ini seharusnya menjadi kecemasan tersendiri.

Meskipun AS sudah memberi sanksi besar pada Huawei, raksasa teknologi dan telekomunikasi China, Huawei masih mendominasi pasar termasuk dengan teknologi 5G yang mutakhir. Dengan kata lain, Huawei tidak terlalu terpengaruh meskipun dijegal dengan tidak boleh memakai teknologi dari AS.

"Performa menyedihkan AS dalam lomba 5G adalah pertanda kegagalan lebih besar negara ini untuk menghadapi China dalam teknologi penting dan strategis. China juga melampaui AS di manufaktur teknologi tinggi, energi hijau dan banyak aplikasi kecerdasan buatan," tandas Eric.



Simak Video "Smartphone-nya Para Expert, OPPO Reno8 Series 5G"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT