Joy Con Nintendo Switch Bisa Dipakai di iPhone, Asyik Nih!

Joy Con Nintendo Switch Bisa Dipakai di iPhone, Asyik Nih!

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 10 Jun 2022 18:46 WIB
Nintendo Switch Edisi Mario
Nintendo Switch Edisi Mario. Foto: Dok. Nintendo
Jakarta -

Setelah dukungan untuk kontroler Xbox dan PlayStation, kini perangkat iOS juga mendukung kontroler Nintendo Switch, tepatnya Joy Con dan Pro Controller.

Tentu maksudnya dukungan di sini sekadar dukungan untuk menghubungkan kontroler dari konsol portabel itu lewat Bluetooth, bukan memasang Joy Con ke iPhone secara fisik.

Dukungan yang akan hadir di iOS 16 ini membuat Joy Con bisa berfungsi sebagai kontroler untuk iPhone, baik dalam mode single (hanya satu Joy Con yang dipakai, kiri atau kanan), juga saat Joy Con kiri dan kanan digabungkan.

Hal ini ditemukan oleh seorang pengembang aplikasi bernama Riles di akun @rileystut. "iOS 16 mendukung Nintendo Switch Pro Controller secara native!" kicau Riles.

Kemudian hal tersebut dikonfirmasi oleh engineer Apple bernama Nat Brown, yang menyebut pengguna iOS 16 bisa menghubungkan dua kontroler Joy Con dan berpindah antara menggunakan satu dan dua dengan menekan dan menahan tombol Capture serta Home di Joy Con.

Saat ini iOS 16 memang sudah bisa dijajal oleh pengguna iPhone, namun masih berada dalam tahap developer beta. Artinya, mungkin iOS 16 itu masih menyimpan bug atau masalah di berbagai fiturnya. Termasuk masalah yang muncul saat berpindah antara single Joy Con ke mode dual, seperti yang dilaporkan oleh sejumlah pengguna.

iOS 16 dipamerkan ke publik di ajang WWDC 2022 lengkap dengan berbagai fitur barunya. Namun, ada juga informasi mengenai dukungan untuk iPhone generasi lama yang sudah tak lagi diberikan, yaitu untuk iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, dan iPhone SE generasi pertama. Jadi untuk bisa menjajal iOS 16, pengguna setidaknya harus menggunakan iPhone 8.



Simak Video "Xbox Series Cetak Penjualan Terbaik di Kuartal Pertama 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)