Akhir Tragis Symbian, Sistem Operasi Jagoan Nokia

Akhir Tragis Symbian, Sistem Operasi Jagoan Nokia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 10 Jun 2022 10:15 WIB
All About Symbian
Sistem operasi Symbian. Foto: All About Symbian
Jakarta -

Sistem operasi Symbian dahulu merajai jagat ponsel dunia, terutama berkat Nokia. Symbian yang dilahirkan oleh Symbian Foundation memang bukan ekslusif ciptaan Nokia. namun Nokia yang membuatnya tenar.

Pada puncak kejayaannya tahun 2006, Symbian menguasai pangsa pasar sistem operasi sampai 73%. Namun kemudian, Symbian kedatangan rival tangguh, yaitu iOS di tahun 2007 dan terutama Android.

Sistem operasi Android pertama kali menyapa dunia pada 2008 dan perlahan tapi pasti merangsek pasar, Nokia yang berstatus raja ponsel dunia saat itu, tak pernah terlihat tertarik mengadopsi Android. Mereka percaya diri Symbian masih jadi favorit konsumen.

"Symbian adalah platform terbaik," klaim Kenny Mathers, pejabat Head Developer Relatios & Marketing Forum Nokia, APAC, kala itu.

Kenny menuturkan bahwa pihaknya memberi respek dengan apa yang Android telah lakukan. Pun demikian, ya cuma sebatas itu, tak sampai ikut menggunakan jasa Android di smartphone besutannya.

Menurut Kenny, Nokia memiliki sejumlah misi ketika ingin menciptakan sebuah handset. Pertama adalah ingin membuat gadget yang canggih. Lalu layanan yang ditawarkan dapat terintegrasi dengan layanan Nokia lainnya. Ketiga, tentu saja terjangkau oleh pengguna.

"Dan kami sudah mendapatkan semua itu pada Symbian. Jadi posisi kami terhadap Android sepertinya sudah jelas (menutup pintunya rapat-rapat)," pungkasnya.

Symbian Terjungkal

Sejarah mencatat, Symbian akhirnya tak mampu menahan gempuran Android. Pada kuartal IV 2010, serbuan ponsel Android sukses mengalahkan pasokan ponsel Symbian, menjadikan OS Robot Hijau terpopuler di dunia.

Berdasar data Canalys, pengapalan ponsel Android di kuartal IV 2010 menembus angka 32,9 juta unit. Sementara handset-handset Symbian hanya mencapai angka 31 juta unit.