Siap-siap! Chip Apple M2 yang Lebih Gahar Segera Meluncur

Siap-siap! Chip Apple M2 yang Lebih Gahar Segera Meluncur

Anggoro Suryo - detikInet
Kamis, 09 Jun 2022 10:45 WIB
Apple M2
Foto: Apple
Jakarta -

Apple baru merilis chip Apple M2 yang dipakai di MacBook Air dan Pro pada ajang WWDC 2022 lalu, dan kini muncul kabar kalau M2 Pro juga akan dirilis tahun ini.

Berdasarkan laporan dari analis Haitong Intl Tech Research bernama Jeff Pu, TSMC bakal memulai produksi massal untuk M2 Pro pada tahun 2022 ini, demikian dikutip detikINET dari 9to5Mac, Rabu (8/6/2022).

Menurut laporan Jeff Pu, Apple memang masih menggunakan jasa TSMC untuk memproduksi M2 Pro, sama seperti chip-chip mereka sebelumnya. Perusahaan asal Taiwan itu bakal memproduksi M2 Pro menggunakan proses terbarunya, yaitu 3nm.

Sebagai informasi, chip M1 yang dirilis pada November 2020 dibuat menggunakan proses 5nm, begitu juga dengan saudara-saudaranya seperti M1 Pro dan M1 Max. Nah, M2 yang dipakai di MacBook Air baru pun dibuat menggunakan proses 5nm.

Dengan begitu, seharusnya M2 Pro akan menawarkan peningkatan performa ataupun efisiensi konsumsi daya yang signifikan dibanding pendahulu-pendahulunya.

Apple M2 sendiri diklaim punya peningkatan performa CPU 18% lebih kencang dibanding M1, dengan performa grafis 35% lebih kencang berkat pemakaian 10 core GPU baru. Lalu kapasitas RAM maksimal M2 pun lebih tinggi, yaitu 24GB, dibanding M1 yang hanya tersedia dalam pilihan RAM 8GB dan 16GB.

Pada awal 2022, Apple juga disebut tengah menggarap Mac Mini baru yang menggunakan chip M2 Pro, sembari mengembangkan chip yang jauh lebih kencang untuk dipakai di Mac Pro.

Jika laporan Pu ini benar, maka tampaknya semua chip M2 kelas atas bakal diproduksi menggunakan proses 3nm. Laporan yang sama juga menyebut Mac Pro ini diasosiasikan sebagai "server in-house milik Apple", dan kabarnya pun akan ada iPad baru dengan chip 3nm.



Simak Video "Sederet Keunggulan Chipset Apple M2 di MacBook Air Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)