iPadOS 16 Bikin Tablet Apple Mirip Komputer Desktop

ADVERTISEMENT

WWDC 2022

iPadOS 16 Bikin Tablet Apple Mirip Komputer Desktop

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 07 Jun 2022 10:15 WIB
iPadOS 16
iPadOS 16. Foto: Apple
Jakarta -

Apple membuat perubahan besar pada iPadOS 16. Update kali ini membawa pengalaman multitasking baru menjadikan iPad makin mirip komputer desktop.

"iPad adalah perangkat kami yang paling serbaguna, dan kami bersemangat untuk melakukan apa yang dapat dilakukan lebih jauh dengan iPadOS 16," kata Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering Apple.

"Dengan Stage Manager, yang membawa multitasking di iPad ke tingkat yang sama sekali baru, ditambah cara baru untuk berbagi dan berkolaborasi melalui Pesan, Safari, dan aplikasi Freeform baru, dan fitur pro baru seperti Reference Mode dan Display Zoom pengguna bisa mendapatkan lebih banyak lagi dilakukan di iPad."

Apple memperkenalkan fitur yang sama sekali baru di iPadOS 16 yang disebut Kolaborasi, yang sesuai dengan namanya, memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi secara langsung dengan kolega dan teman di aplikasi kerja seperti Pages, Safari, Notes, dan pengguna lain dapat mengedit file tersebut.

Ya, fitur ini mirip dengan apa yang telah dilakukan Google di Document dan Spreadsheet selama bertahun-tahun. Apple turut memberikan aplikasi Freeform memungkinkan tim untuk bekerja sama dengan kanvas digital yang fleksibel untuk mengerjakan proyek secara real-time selama sesi FaceTime atau melalui Pesan.

iPadOS 16Aplikasi Freeform di iPadOS 16. Foto: Apple

Pengguna dapat melihat, berbagi, dan membuat perubahan pada tata letak dokumen, dan ukuran halaman, dan dengan dukungan penuh Apple Pencil, pengenalan tulisan tangan membuat ide terus mengalir secara real-time.

Apple memperkenalkan fitur yang tersedia di macOS yaitu Virtual Memory Swap (juga dikenal sebagai RAM virtual). Fitur ini akan menggunakan kapasitas memori harddisk di iPad untuk mengubahnya menjadi RAM, dengan dukungan hingga 16GB.

Seperti diungkap Federighi, Stage Manager menjadi fitur paling utama di iPadOS 16. Fitur ini menghadirkan kemampuan untuk membuka beberapa jendela aplikasi di iPad.

iPadOS 16Stage Manager Foto: Apple

Pengguna dapat membuka hingga 4 aplikasi sekaligus di layar iPad, yang dapat diubah ukurannya mirip dengan macOS. Apple juga telah menambahkan kemampuan untuk terhubung ke layar eksternal di iPadOS 16 dengan lebih baik, memungkinkan hingga 8 aplikasi dibuka secara bersamaan antara iPad dan layar eksternal.

Sayangnya. fitur iPadOS 16 ini eksklusif untuk iPad yang dilengkapi dengan chipset M1, termasuk iPad Pro Gen 5 dan iPad Air Gen 5.

Sama seperti iOS 16, iPadOS 16 menghadirkan layar Lock Screen yang didesain ulang dengan menambahkan widget dan wallpaper baru untuk personalisasi yang lebih mudah. Selain itu, penambahan aplikasi Weather untuk iPad, memudahkan pengguna memantau cuaca tanpa harus menggunakan iPhone.

iPadOS 16 akan tersedia dalam Beta Publik mulai Juli, sementara versi finalnya akan hadir di September mendatang. Adapun perangkat yang mendapatkannya sebagai berikut:

  • Semua model iPad Pro
  • iPad Air generasi ketiga atau lebih baru
  • iPad generasi kelima atau lebih baru
  • iPad Mini generasi kelima atau lebih baru


Simak Video "iOS 16 Beta 4 Beri Perubahan Baru di Beberapa Fitur"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT