Asus Optimis Pasar Laptop Indonesia Kembali Pulih Tahun Ini

ADVERTISEMENT

Asus Optimis Pasar Laptop Indonesia Kembali Pulih Tahun Ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 03 Jun 2022 17:11 WIB
Asus VivoBook 13 Slate OLED
Asus Optimis Pasar Laptop Indonesia Kembali Pulih Tahun Ini (Foto: Asus)
Jakarta -

Asus akan agresif meluncurkan banyak laptop di berbagai lini untuk meramaikan pasar Indonesia. Apalagi menurut mereka pasar laptop Indonesia mulai pulih sejak dihantam pandemi COVID-19.

Head of Public Relations Asus Indonesia Muhammad Firman mengatakan sepanjang tahun 2021 menjual 2,6 juta unit laptop consumer di Indonesia, naik dari 1,7 juta unit pada tahun 2020.

"2021 kemarin bahkan sudah melewati penjualan di 2019. Consumer market di Indonesia sudah kembali pulih dari pandemi di 2021 kemarin. 2020 memang terpukul cukup telak," kata Firman dalam Sneak Peek Asus Vivobook Slate 13 OLED di Jakarta, Jumat (3/6/2022).

"Ini merupakan tanda-tanda yang sangat baik menurut kami karena dari sisi market share kita tumbuh cukup baik dibandingkan dengan produk-produk kompetitor," sambungnya.

Firman mengungkap Asus sudah memasang target besar untuk tahun 2022. Perusahaan asal Taiwan ini berharap bisa menjual 1,2 juta unit laptop consumer tahun ini, dan merebut 50% pangsa pasar.

Di pasar laptop gaming, Asus juga berencana menjual 100.000 unit laptop, baik dari lini ROG maupun TUF, dan mengambil 60% pangsa pasar. Selain itu mereka juga berharap menjual 40.000 unit laptop di kreator series.

"Karena ini segmen masih baru jadi kita belum bisa melihat petanya kita bisa menjual berapa. Tapi target kita di 2022 ini dengan kita punya banyak sekali seri kreator, kita berharap bisa menjual 40.000 unit untuk kreator series di 2022," jelas Firman.

Menjelang pertengahan tahun, Firman mengatakan Asus perlahan sudah mulai memenuhi targetnya tersebut. Pada Q1 2022, Firman mengatakan Asus sudah menjual sekitar 233.000 laptop consumer dari berbagai segmen, dan untuk laptop gaming sudah terjual sekitar 21.000 unit.

Untuk laptop consumer, Firman mengatakan Asus akan mengandalkan seri Vivobook sebagai salah satu jagoannya. Lini laptop ini memang menyasar segmen yang beragam, mulai dari Vivobook Go untuk pasar entry level hingga Vivobook Pro yang menyasar kreator dan kalangan profesional.

Asus sendiri sedang bersiap meluncurkan Vivobook Slate 13 OLED pada akhir bulan ini. Laptop ini mengusung desain detachable yang memungkinkan laptop digunakan sebagai tablet.

"Ke depan akan lebih banyak lagi laptop kita yang menggunakan form factor 2-in-1, convertible atau detachable," pungkas Firman.



Simak Video "Create with ASUS"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT