Produksi iPhone 14 Terhambat Lockdown di China

Produksi iPhone 14 Terhambat Lockdown di China

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 26 Mei 2022 17:45 WIB
iPhone 14
Produksi iPhone 14 Terhambat Lockdown di China Foto: 9to5Mac
Jakarta -

Kehadiran iPhone 14 terancam mundur dari jadwal. Pasalnya pengembangan salah satu model iPhone 14 terhambat karena kondisi China yang belum normal setelah lockdown COVID-19 yang ketat.

Meski sudah mulai dilonggarkan, lockdown yang dimulai pada akhir Maret di Shanghai, China masih memiliki efek yang cukup besar terhadap supply chain. Akibatnya, pengembangan salah satu model iPhone 14 terlambat hingga tiga pekan karena lockdown di Shanghai.

Menurut laporan Nikkei Asia, Apple kabarnya sudah memberitahu mitra pemasoknya untuk mempercepat pengembangan produk agar jangan sampai menunda jadwal produksi, yang kemudian bisa mempengaruhi volume produksi awal iPhone 14.

Apple sendiri akan meluncurkan empat model iPhone 14 tahun ini yang terdiri dari iPhone 14, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. Tidak diketahui model iPhone apa yang pengembangannya terhambat akibat lockdown.

Saat ini keempat model iPhone 14 sedang dalam tahap engineering verification test (EVT). Biasanya semua model iPhone baru akan menyelesaikan proses EVT dan berlanjut ke tahap verifikasi pada akhir Juni.

Setelah proses pengembangan, mitra perakit Apple seperti Foxconn dan Pegatron akan memasuki fase new product introduction (NPI). Tahap ini diikuti oleh beberapa proses verifikasi sebelum produksi massal dimulai, biasanya sekitar akhir bulan Agustus.

"Jika proses pengembangan bisa dipercepat dan berlanjut ke tahap selanjutnya sekitar akhir Juni atau awal Juli, maka masih ada kemungkinan untuk memenuhi tenggat waktu produksi massal pada awal September," kata sumber Nikkei Asia yang familiar dengan masalah ini, seperti dikutip dari MacRumors, Kamis (26/5/2022).

"Tapi itu sangat bergantung pada apakah proses bisa dipercepat dalam waktu dekat," sambungnya.

Analis dari Taiwan Institute for Economic Research Chiu Shih-fang mengatakan ia tidak begitu optimis masalah supply chain akan selesai dalam waktu dekat. Ia mengatakan saat ini supply chain di China masih belum normal karena masih banyak pembatasan yang diterapkan di Shanghai, tapi mungkin tidak akan mempengaruhi peluncuran iPhone 14.

"Dibutuhkan setidaknya satu hingga dua bulan lagi untuk memulihkan supply chain," kata Chiu.



Simak Video "5 Bocoran Terbaru iPhone 14 "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/asj)