Apple Kabarnya Mulai Uji Coba iPhone USB-C

Apple Kabarnya Mulai Uji Coba iPhone USB-C

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 14 Mei 2022 19:50 WIB
iPhone 13
Apple Kabarnya Mulai Uji Coba iPhone dengan USB-C Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Rumor soal iPhone pertama dengan USB-C makin santer terdengar. Kabarnya, Apple bahkan sudah menguji coba iPhone dengan USB-C, menggantikan port Lightning yang telah digunakan selama bertahun-tahun.

Kabar ini datang dari analis Bloomberg Mark Gurman. Gurman mengatakan uji coba internal ini memang sudah dimulai tapi kemungkinan perubahan dari port Lightning ke USB-C baru akan terjadi paling awal pada tahun 2023.

Artinya, kemungkinan iPhone 15 akan jadi iPhone pertama yang menggunakan USB-C. Sementara lini iPhone 14 yang rilis tahun ini masih akan menggunakan port Lightning.

Apple pertama kali mengenalkan port Lightning di iPhone 5 yang rilis tahun 2012. Port yang lebih kecil ini menggantikan konektor 30-pin yang lebih besar dan lebih memakan tempat.

Tapi dalam beberapa tahun belakangan Apple mulai memasangkan USB-C untuk beberapa perangkatnya. Lini iPad generasi terbaru sudah dibekali USB-C, sementara MacBook sejak lima tahun sudah menggunakan USB-C untuk mengisi dayanya.

Gurman mengatakan uji coba USB-C untuk iPhone ini salah satunya didorong oleh proposal Uni Eropa yang mengharuskan sederet perangkat elektronik, termasuk ponsel, untuk menggunakan USB-C sebagai standar umum.

Dengan pindah ke USB-C, pengguna iPhone juga bisa merasakan transfer data dan pengisian daya yang lebih cepat ketimbang menggunakan port Lightning, seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (14/5/2022).

Rumor tentang iPhone portless atau tanpa lubang juga bermunculan, dan Gurman mengatakan Apple telah mengembangkan iPhone tanpa port charging. Tapi laporan terbarunya mengindikasikan iPhone portless tidak akan hadir dalam waktu dekat.

Laporan Gurman ini menguatkan laporan analis Ming-Chi Kuo beberapa hari yang lalu. Sama seperti Gurman, Kuo sebelumnya mengatakan Apple akan mengganti port Lightning di iPhone dengan USB-C pada tahun 2023.

Selain itu, Gurman juga melaporkan bahwa Apple sedang mengembangkan adapter Lightning ke USB-C untuk menjaga kompatibilitas semua jenis koneksi.

[Gambas:Youtube]



(vmp/rns)