Doa Fanboy Apple Terkabul, iPhone 15 Diprediksi Punya Fitur Ini

Doa Fanboy Apple Terkabul, iPhone 15 Diprediksi Punya Fitur Ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 12 Mei 2022 13:30 WIB
Ilustrasi USB-C
iPhone 15 Diprediksi Pakai USB-C untuk Gantikan Port Lightning Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Doa pengguna iPhone yang telah lama menantikan kedatangan iPhone dengan USB-C sepertinya sebentar lagi akan terkabul. Analis Ming-Chi Kuo mengatakan Apple akan meninggalkan port Lightning untuk iPhone mulai tahun depan dan diganti dengan USB-C.

Dalam cuitannya, Kuo mengatakan Apple akan melakukan transisi ini pada tahun 2023, jadi kemungkinan iPhone 15 akan menggunakan USB-C. Laporan Kuo ini mengutip survei yang tidak disebutkan secara spesifik, kemungkinan dari produsen komponen yang biasanya menjadi sumber Kuo.

Kuo mengatakan adopsi USB-C akan meningkatkan kecepatan transfer data dan pengisian baterai iPhone dalam desain hardware, tapi informasi tentang spesifikasi finalnya masih bergantung pada dukungan iOS, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (12/5/2022).

Prediksi Kuo juga bukan tanpa preseden. Selama bertahun-tahun, rumor dan spekulasi tentang Apple mengadopsi USB-C telah beredar meski hingga saat ini masih belum menjadi kenyataan.

Sejak meluncurkan iPhone 5, Apple masih menggunakan port Lightning untuk semua lini iPhone setelahnya bahkan setelah industri berpindah ke USB-C. Beberapa produk Apple juga sebenarnya telah menggunakan USB-C, seperti iPad generasi terbaru.

Tekanan juga datang dari regulator, seperti Uni Eropa yang sedang menggodok proposal untuk menjadikan USB-C sebagai port wajib untuk ponsel dan perangkat elektronik lainnya. Aturan ini ditujukan untuk menetapkan standar bagi charger dan kabel data serta mengurangi sampah elektronik.

Meski begitu, Apple sepertinya enggan mengikuti tren. Ketimbang memasang USB-C di iPhone, Apple malah diklaim lebih memilih membuat iPhone jadi portless alias tanpa lubang serta mengandalkan wireless charging dan transfer data.

Kuo sendiri juga sebelumnya memprediksi bahwa Apple tidak akan menggunakan port USB-C untuk iPhone. Pada Maret 2021, ia mengatakan Apple ke depannya berencana menggunakan port Lightning untuk iPhone karena berbagai alasan.

Kuo mengatakan iPhone dengan USB-C akan merugikan bisnis Made for iPhone (MFi) dan membuat hardware iPhone jadi kurang tahan air. MFi merupakan program di mana produsen pihak ketiga bisa membuat aksesoris dan kabel Lightning untuk iPhone sesuai standar yang ditetapkan Apple. Program ini menghasilkan cuan bagi Apple karena produsen aksesoris harus membayarkan komisi.



Simak Video "iPhone 15 Diprediksi Bakal Gunakan USB-C Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)