Android 13 Beta 1 Tersedia untuk Google Pixel

Android 13 Beta 1 Tersedia untuk Google Pixel

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 27 Apr 2022 17:46 WIB
Android 13
Foto: Dok. Google
Jakarta -

Setelah sebelumnya dirilis dalam bentuk Developer Previews, kini Google merilis Android 13 Beta pertamanya untuk diuji oleh publik.

Dibanding Developer Preview yang dirils pada Februari dan Maret lalu, Android versi beta ini tentunya lebih mudah diinstal dan seharusnya bug-nya lebih sedikit dibanding sebelumnya. Namun tetap saja, Android 13 ini belumlah versi yang siap dirilis secara penuh ke publik.

Jadi tentu masih akan ada bermacam masalah di dalamnya. Untuk bisa menjajal Android 13 Beta ini, anda cukup bergabung ke Android Beta Program di tautan ini. Tentunya jika anda punya perangkat Google Pixel yang kompatibel.

Berikut adalah daftar Pixel yang kompatibel dengan Android 13 beta:

  • Pixel 4
  • Pixel 4 XL
  • Pixel 4a
  • Pixel 4a (5G)
  • Pixel 5
  • Pixel 5a
  • Pixel 6
  • Pixel 6 Pro

Setelah mendaftar di situs Android Beta Program, maka seharusnya anda akan menerima pembaruan Android 13 Beta 1 secara over the air (OTA) dalam hitungan menit. Lalu pembaruan-pembaruan beta selanjutnya juga akan didapat secara OTA, sampai akhirnya Android 13 resmi dirilis secara penuh.

Begitu juga jika anda sebelumnya sudah mengikuti program Developer Preview, maka seharusnya anda juga akan otomatis mendapat pembaruan beta, dan seterusnya, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Rabu (27/4/2022).

Android 13 Beta 1 dilengkapi sistem 'permissions' yang lebih detail untuk file media, juga API routing audio yang lebih baik. Jadi nantinya, aplikasi yang ingin mengakses file media di ponsel akan punya tiga 'permission' yang berbeda, tergantung file apa yang bisa diakses, foto, video, atau audio.

Sebelumnya, ketiga jenis file media itu tergabung dalam satu 'permission' yang sama. Saat developer membuat aplikasi untuk Android 13, maka mereka wajib untuk bermigrasi ke permission model yang baru ini.

Dalam gelaran Google I/O Mei mendatang, Google bakal mengungkap detail lebih lanjut mengenai Android 13. Termasuk fitur-fitur barunya, dan kemungkinan akan merilis Android 13 Beta 2.



Simak Video "Google Pixel 7 Jadi Smartphone Pertama yang Dibekali Android 13"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)