Polytron Sodorkan TV dan STB Terjangkau Sambut Era Siaran TV Digital

Polytron Sodorkan TV dan STB Terjangkau Sambut Era Siaran TV Digital

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 21 Apr 2022 06:17 WIB
Polytron
STB Polytron. Foto: Polytron
Jakarta -

Pemerintah akan mematikan siaran analog dan berganti ke TV digital mulai akhir April 2022. Menyambut itu, Polytron menyodorkan perangkat TV dan set top box (STB) harga terjangkau.

" TV kami semuanya sudah bisa support digital. Jadi kami dukung pemerintah yang akan menerapkan siaran TV digital" ujar Bambang, Product Specialist Polytron saat ditemui di Jakarta.

Lanjut diungkapnya Polytron punya jajaran perangkat TV yang sudah mendukung siaran digital mulai dari ukuran 24 inch hingga 85 inch. Adapun harga yang dibanderol cukup terjangkau, mulai dari Rp 1 jutaan sampai Rp 40 jutaan.

Tak hanya itu, Polytron turut memproduksi STB untuk menangkap siaran TV digital. Perangkat yang dimaksud bernama Polytron PDV 600T2 dan sudah tersertifikasi Kominfo.

"Harganya Rp 300 ribuan, sudah bisa didapatkan di toko online," ujar Bambang.

PolytronPolytron Foto: Polytron

Sedikit informasi iSTB yang sudah tersertifikasi Kominfo tidak sekadar bisa menangkap siaran TV digital saja. Ada fitur Early Warning System (EWS) yang tersemat di dalamnya.

EWS merupakan sistem peringatan dini kebencanaan. Fitur tersebut akan memberitahu masyarakat apabila terjadi bencana alam, seperti gempa bumi atau tsunami. Pada kejadian tersebut, siaran TV digital akan terhenti sementara, berganti dengan siaran peringatan dini bencana.

Bicara soal migrasi TV digital, pemerintah akan memulai mematikan TV analog pada 30 April 2022 dan dilakukan dalam tiga tahap, yakni:

  • Tahap 1: 30 April 2022 di 56 Wilayah mencakup 166 Kabupaten/Kota
  • Tahap 2: 31 Agustus 2022 di 31 Wilayah mencakup 110 Kabupaten/Kota
  • Tahap 3: 2 November 2022 di 25 Wilayah mencakup 63 Kabupaten/Kota


Simak Video "Sederet Fitur STB TV Digital Evercoss"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)