Desain Dapur Terbuka Bikin Rumah Terlihat Luas, Begini Tips Aturnya

Desain Dapur Terbuka Bikin Rumah Terlihat Luas, Begini Tips Aturnya

ADVERTISEMENT

Desain Dapur Terbuka Bikin Rumah Terlihat Luas, Begini Tips Aturnya

Inkana Putri - detikInet
Kamis, 07 Apr 2022 19:30 WIB
Polytron
Foto: Polytron
Jakarta -

Belakangan ini, konsep open kitchen atau dapur terbuka banyak digunakan pada restoran dan kafe di Indonesia. Mengusung desain yang modern dan minimalis, konsep dapur ini ternyata memberikan berbagai kelebihan loh.

Bentuk dapur yang terhubung dengan ruangan lain akan membuat rumah terkesan lebih lapang dan leluasa. Tak hanya di cafe dan restoran, konsep open kitchen sebenarnya juga dapat diaplikasikan di rumah.

Tertarik mengaplikasikan konsep dapur ini pada rumahmu? Buat kamu yang berniat merancang dapur dengan konsep terbuka, yuk intip beberapa panduan yang dilansir dari storynorth berikut ini.

1. Pastikan Dapur Dekat Jendela

Sesuai dengan namanya, open kitchen perlu didesain secara 'terbuka'. Namun, bukan berarti kamu perlu menempatkan area dapur di luar ruangan. Kamu bisa meletakkan area dapur dekat dengan jendela.

Sebab, tata ruang terbuka memungkinkan cahaya masuk ke seluruh ruangan dan menawarkan pemandangan luar dari dapur. Adanya jendela di sebelah dapur juga menjadi ide bagus untuk mencegah udara memasak menyebar ke seluruh ruang. Terlebih udara yang bersirkulasi di satu area dapat mempengaruhi area lainnya.

2. Gunakan Material Berbeda

Agar dapur terlihat lebih cantik, kamu bisa menggunakan beberapa material berbeda saat mendesain open kitchen impianmu. Kamu bisa menggabungkan beton, kayu, dan marmer untuk menunjukkan pembagian area di ruang terbuka. Hal ini bisa membuat area di rumahmu tampak seolah-olah berada di dua ruangan yang berbeda.

Misalnya, kamu bisa gunakan lantai kayu untuk ruang tamu, dan lantai marmer pada open kitchen-mu. Selain menggunakan material berbeda, kamu juga bisa variasikan lagi dengan menggunakan tekstur, warna, dan detail yang berbeda untuk menambah estetika.

3. Pilih Warna Terang

Konsep tata ruang terbuka yang memadukan antara ruang tamu, dapur, dan ruang makan seharusnya membuat rumah terlihat luas meski ruangnya terbatas. Untuk membuatnya lebih cerah untuk dilihat, kamu bisa gunakan warna-warna terang pada area dapurmu.

Warna-warna terang seperti putih dan krem akan membantu menciptakan suasana yang nyaman dan santai untuk dapur terbuka. Putih juga membuat pencahayaan menjadi lebih maksimal ke seluruh sudut ruangan. Dengan demikian, ruangan akan terlihat lebih luas, segar, dan nyaman.

4. Gunakan Perabot yang Eye-Catching

Salah satu cara terbaik untuk membuat open kitchen di rumah adalah dengan memberikan perabot yang menarik atau eye catching. Misalnya dengan memberikan detail corak pada perabot yang akan digunakan. Corak atau motif ini sekaligus menjadi tanda batas antar ruangan. Namun, pastikan perabot yang kamu gunakan sesuai dengan selera dan menambah estetika pada dapurmu.

Jika ingin menambah dekorasi dapur dengan corak dan motif, maka lemari es Polytron Belleza bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan unsur 'Elegant Design', Polytron Belleza hadir dengan penyempurnaan interior dan eksterior dengan sentuhan desain borderless yang terbuat dari tempered glass door.

Menariknya, Polytron Belleza kini juga hadir memiliki Varia series yang terinspirasi dari alam, menghadirkan desain bunga yang memberikan warna di interior rumah.

PolytronPolytron Foto: Polytron

Tak hanya punya desain elegan, Polytron Belleza juga dilengkapi dengan Vacum Compartment, yang dapat mengurangi kadar oksigen dalam ruangan sehingga menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur dan membuat sayur dan buah tetap segar hingga 21 hari.

Adanya Inverter, dengan kompresor kompresor juga akan memberikan keuntungan pemakaian listrik lebih hemat hingga 20%.

Canggihnya, kulkas 2 pintu ini juga dilengkapi dengan Xtra Spacious untuk ruang penyimpanan yang lebih luas, serta Convenient Setup Modes mulai dari Eco Mode, Holiday Mode, Super Refridge, dan Super Freezer / Ice Making Mode.

Untuk menjaga kesegaran makanan, Polytron Belleza menghadirkan fitur Fresher Fruits & Vegetables yang dapat mengatur tingkat kelembaban dan fitur No More Foul Odor dengan yang membuat kulkas bebas dari bau tidak sedap. Keuntungan lainnya adalah kulkas Polytron memiliki garansi hingga 10 tahun. Informasi lebih lanjut terkait Polytron Belleza dapat dilihat di sini.

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT