Biar Dapat Suara yang Enak, Ini Tempat Ideal Pasang Speaker di Rumah

Biar Dapat Suara yang Enak, Ini Tempat Ideal Pasang Speaker di Rumah

Yudistira Imandiar - detikInet
Jumat, 01 Apr 2022 21:04 WIB
Speaker Polytron
Foto: Polytron
Jakarta -

Bagi kamu yang sangat gemar mendengarkan musik atau menonton film, kualitas suara tentu menjadi unsur yang sangat krusial. Bakal sangat menyenangkan bukan jika bisa mendapatkan suara berkualitas maksimal di ruangan rumah?

Pemilihan speaker merupakan kunci untuk mendapatkan suara jernih nan mengentak, layaknya di sebuah studio musik atau ruangan bioskop. Tapi, satu hal yang tak boleh dikesampingkan jika ingin mendapatkan kualitas suara terbaik adalah penempatan speaker di ruangan.

Mungkin selama ini kamu berpikir kualitas suara hanya dipengaruhi performa dari speaker yang digunakan. Padahal, posisi di mana speaker itu ditempatkan sangat menentukan output suara yang dihasilkan.

Lantas, di mana sih idealnya speaker ditempatkan supaya dapat suara yang enak?

Melansir digitaltrends, gelombang suara dari speaker, terkhusus frekuensi low bass sangat peka terhadap kondisi lingkungan. Gelombang suara sangat mudah memantul saat terbentur benda padat seperti tembok.

Menempatkan speaker di sudut ruangan tepat di depan tembok agar tampak tertata rapi bukanlah posisi ideal. Saat speaker ditempatkan terlalu dekat dengan tembok, maka suaranya akan memantul sehingga bunyi yang dihasilkan tidak begitu jernih. Masih mengutip digitaltrends, untuk mendapatkan suara yang enak didengar, posisikan speaker dalam jarak 20-30 cm dari tembok.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan teori rule of third dalam menempatkan speaker. Singkatnya, tempatkan speaker di posisi sepertiga ruangan yang dihitung berdasarkan jarak tembok. Di area sepertiga ruangan, suara dari speaker akan mengalun dengan jernih tanpa terganggu pantulan dari tembok.

Posisi lain yang dapat dicoba untuk memaksimalkan suara speaker, adalah di kolong kursi atau meja. Tempat tersebut akan memaksimalkan output suara bass dari speaker sehingga terdengar lebih mengentak.

Perlu dicatat, ukuran, material tembok, dan bentuk ruangan juga akan mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan speaker. Untuk mendapatkan hasil terbaik, jika kamu suka dan punya waktu luang, lakukan uji coba di sejumlah titik penempatan speaker.

Coba beberapa alternatif penempatan speaker lalu dengarkan suaranya di tempat duduk favoritmu. Dengan cara ini, kamu akan menemukan setup suara yang paling enak didengar dari tempat duduk yang sering kamu gunakan.

Pahami Kualitas dan Karakteristik Speaker

Pilihlah speaker yang paling sesuai dengan kebutuhan dan seleramu. Baik itu yang unggul di frekuensi tinggi, sedang, atau rendah, atau seimbang di antara ketiganya. Dengan begitu kamu akan semakin nyaman dan senang untuk mendengarkan lagu maupun menonton film di rumah.

Untuk kamu yang mencari speaker berkualitas mumpuni, Polytron PMA 9507 bisa jadi rekomendasi. Speaker Bluetooth ini memiliki kualitas audio yang terbilang memukau untuk mendengarkan musik, menonton film, dan sebagainya. Dilengkapi fitur 'Bazzoke' (ekstra bass), kamu bisa merasakan dentuman bass yang menghentak saat mendengarkan lagu favorit.

Speaker PolytronSpeaker Polytron Foto: Polytron

Selain itu, Polytron PMA 9507 dapat menyesuaikan output suara sesuai seleramu. Kamu tinggal atur karakter suara yang diinginkan menggunakan 'Digital Bass & Treble Control'. Speaker ini juga sudah didukung dengan input AUX, USB, SD Card/MMC, hingga built-in FM Radio sehingga praktis untuk digunakan. Terdapat 2 slot input mikrofon untuk berkaraoke.

(ega/ega)