Xiaomi Dituding Lambatkan Performa Mi 11

Xiaomi Dituding Lambatkan Performa Mi 11

ADVERTISEMENT

Xiaomi Dituding Lambatkan Performa Mi 11

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 29 Mar 2022 12:44 WIB
Xiaomi Mi 11
Xiaomi Dituding Lambatkan Performa Mi 11 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Xiaomi kabarnya mengutak-atik kinerja ponselnya untuk mendapatkan hasil benchmark tertinggi dan menurunkan kinerjanya saat menjalankan aplikasi tertentu alias throttling.

Tudingan ini datang dari Jon Poole, pendiri Geekbench yang merupakan platform untuk menjalankan tes benchmark di ponsel. Dalam cuitannya di Twitter, Poole mengatakan Xiaomi menurunkan performa ponsel berdasarkan nama aplikasi.

Poole menunjukkan ketimpangan hasil benchmark Mi 11 saat diuji coba menggunakan aplikasi Geekbench asli dan aplikasi Geekbench yang disamarkan menjadi game populer seperti Fortnite dan Genshin Impact.

Hasilnya, Mi 11 yang menjalankan aplikasi Geekbench yang disamarkan menjadi Fortnite memiliki skor single-core 30% lebih rendah. Sedangkan skor multi-core juga turun sebesar 15%, seperti dikutip dari XDA Developer, Selasa (29/3/2022).

Dengan kata lain, software Xiaomi kemungkinan mendongkrak performa Mi 11 saat mendeteksi Geekbench, atau sengaja memperlambat performa ponsel saat menjalankan Fortnite.



Android Police juga menjalankan tes serupa menggunakan Xiaomi 12 Pro dan 12X. Mereka menggunakan aplikasi Geekbench yang disamarkan sebagai Netflix dan Google Chrome.

Hasilnya, ponsel yang menjalankan Geekbench yang disamarkan sebagai Netflix dan Chrome memiliki skor benchmark yang lebih rendah jika dibandingkan aplikasi Geekbench yang disamarkan sebagai Genshin Impact.

Contohnya, Geekbench yang disamarkan sebagai Chrome memiliki skor single-core 737 dan multi-core 3071, sedangkan Geekbench yang menyamar sebagai Genshin Impact memiliki skor single-core 1119 dan multi-core 3468.

Tidak diketahui ponsel Xiaomi apa saja yang melakukan throttling performa seperti kasus di atas. Geekbench mengatakan mereka akan menghapus beberapa ponsel Xiaomi dari daftar Android Benchmark mulai pekan ini.

Kasus throttling performa ponsel kembali jadi perhatian setelah skandal Game Optimization Service yang dialami oleh Samsung. Dengan software tersebut, beberapa ponsel Samsung diketahui melambatkan performa di ribuan aplikasi dan game.

Temuan ini berujung pada ditariknya ponsel dan tablet flagship terbaru Samsung dari Geekbench. Samsung kemudian berjanji akan merilis update dengan opsi untuk mengutamakan performa di ponsel.



Simak Video "Xiaomi 12 Pro, Android Gahar nan Compact"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT