Nvidia: Mayoritas Gamer Masih Pakai Kartu Grafis GTX

Nvidia: Mayoritas Gamer Masih Pakai Kartu Grafis GTX

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 27 Mar 2022 21:15 WIB
Nvidia RTX 3050
Foto: Dok. Nvidia
Jakarta -

Harga kartu grafis PC belakangan memang tengah menurun, meski masih jauh lebih mahal dibanding harga ritel yang disarankan oleh pabrikan.

Namun hal tersebut menurut Nvidia tak membuat gamer berhenti membeli kartu grafis baru. Bahkan, para gamer rela membayar lebih mahal, sampai USD 300 lebih tinggi dibanding harga kartu grafis yang diganti.

Hal itu diutarakan oleh SVP Nvidia Jeff Fisher saat berbicara ke para investor Nvidia, yang menyebut ada jutaan gamer PC pemakai GPU GeForce yang memperbarui kartu grafisnya ke seri RTX 30.

"GPU menawarkan nilai yang lebih tinggi ketimbang sebelumnya. Berdasarkan data kami, mereka menghabiskan lebih dari USD 300 lebih mahal ketimbang harga kartu grafis yang mereka gantikan," jelas Fisher.

Meski begitu, Fisher pun mengakui kalau hanya 29% dari pengguna kartu grafis Nvidia yang sudah memakai seri RTX. Sementara sisanya masih menggunakan seri GTX.

Pengakuan Fisher ini sejalan dengan laporan Steam, yang menyebut sampai saat ini kartu grafis terpopuler di platform itu adalah GTX 1060, yang menggantikan GTX 750 pada Desember 2017 di posisi yang sama. Bahkan hanya ada dua seri RTX di daftar 10 besar saat ini, yaitu RTX 2060 di posisi ke-4 dan RTX 3060 di posisi ke-8.

Berdasarkan laporan terbaru, saat ini harga kartu grafis di Eropa mencapai titik terendah dibanding awal 2021. Sementara harga rata-rata GPU di eBay turun 10% antara Februari sampai Maret.

Meski itu adalah hal yang bagus, namun menurut catatan Techspot, konsumen rata-rata masih membayar 50% lebih tinggi ketimbang harga yang disarankan produsen untuk sebuah kartu grafis.

Namun pasar kartu grafis ini juga akan berubah saat Nvidia merilis RTX 40 yang berkode Lovelace, serta AMD merilis RDNA 3. Namun Nvidia menyebut seri RTX 30 bakal tetap akan diproduksi bersama dengan RTX 40.



Simak Video "Nvidia Pamerkan Model AI, Ubah Lusinan 2D Jadi Adegan 3D"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)