Harga Kartu Grafis Turun Jadi Lebih Murah, Apa Sebabnya?

Harga Kartu Grafis Turun Jadi Lebih Murah, Apa Sebabnya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 23 Mar 2022 12:23 WIB
Nvidia RTX 3060 Ti
Ilustrasi kartu grafis. Foto: Dok. Nvidia
Jakarta -

Belakangan ada tren menarik dari ranah komponen PC, yaitu menurunnya harga kartu grafis atau GPU secara drastis menjadi lebih murah.

Hal ini terjadi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Di Jerman misalnya, harga RX 6500 XT dari AMD merosot sampai di bawah harga rata-rata yang disarankan (MSRP - manufacturer suggested retail price).

Dari kubu hijau pun ada penurunan harga yang cukup signifikan. Misalnya RTX 3080 dari seri TUF Gaming OC milik Asus yang harganya mendadak turun dari USD 2.299 menjadi USD 1.499 hanya dalam semalam. Ya, turun sekitar 35%.

Hal serupa, berdasarkan pantauan detikINET di marketplace, pun terjadi di Indonesia. Saat ini RTX 3060 dari berbagai merk bisa ditemukan dengan harga Rp 7 juta sampai 8 juta. Padahal seri ini sebelumnya dijual dengan harga di atas Rp 11 juta.

Begitu juga dengan RTX 3060 Ti dari berbagai merk bisa ditemukan dengan harga sekitar Rp 9 jutaan. Padahal, sebelumnya seri ini harganya paling tidak Rp 14 jutaan.

Sementara itu seri RTX 3070 kini harganya ada di kisaran Rp 12 jutaan, turun dari Rp 15 jutaan. Dan menariknya kini mulai tersedia varian baru, yaitu RTX 3070 Ti yang harganya di kisaran Rp 13 juta.

Untuk seri sultan seperti RTX 3080, kini bisa ditemukan dengan harga di bawah Rp 20 juta, bahkan ada yang menjualnya dengan harga Rp 15,5 juta. Padahal sebelumnya, harga kartu grafis ini jelas di atas Rp 20 juta. Artinya jika beberapa minggu lalu dengan uang Rp 15 jutaan, kartu grafis yang bisa dibeli "hanya" RTX 3070, kini dengan uang yang sama anda bisa membeli RTX 3080.

Tak diketahui pasti apa yang memicu penurunan harga kartu grafis ini. Namun dari penelusuran detikINET, Rabu (23/3/2022) mungkin penyebab utamanya adalah perubahan sistem Ethereum menjadi proof of stake, yang dijadwalkan akan terjadi pada Juni mendatang.

Saat sistem ini dipakai, para penambang yang menggunakan kartu grafis sebagai andalannya mungkin tak lagi bisa meraup keuntungan, terlebih jika tarif listrik dinaikkan untuk para penambang.

Faktor kedua yang mungkin juga berdampak pada harga GPU ini adalah rumor kalau Nvidia akan segera merilis RTX 40 pada 2022 ini. Meski belum jelas kapan perilisannya, berapa harganya, ataupun seperti apa kemampuannya, saat RTX 40 itu dirilis, seharusnya lini RTX 30 pun harganya akan didiskon.



Simak Video "Nvidia Pamerkan Model AI, Ubah Lusinan 2D Jadi Adegan 3D"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)