6 Keunggulan Jaringan 5G di OPPO Reno7 Series & Telkomsel, Buktikan!

6 Keunggulan Jaringan 5G di OPPO Reno7 Series & Telkomsel, Buktikan!

6 Keunggulan Jaringan 5G di OPPO Reno7 Series & Telkomsel, Buktikan!

Zefanya Aprilia - detikInet
Rabu, 23 Mar 2022 16:49 WIB
OPPO Reno7 5G
Foto: OPPO
Jakarta - Belakangan ini, koneksi internet 5G Telkomsel yang ultra cepat jadi sorotan di tengah-tengah pecinta smartphone. Hal itu bahkan diakui oleh para jurnalis luar negeri yang hadir di ajang MotoGP Mandalika 18-20 Maret 2022.

Kecepatan internetnya disebut-sebut mencapai 20 gigabyte per second (Gbps). Tidak hanya itu, teknologi jaringan seluler terbaru itu memiliki deretan keunggulan lain yang lebih mumpuni dibanding jaringan 4G. Bahkan, jaringan 5G diprediksi bakal mengubah lanskap digital.

Maka dari itu, keunggulan itu dihadirkan OPPO melalui ponsel terbarunya, yaitu OPPO Reno7 Series 5G. Dengan prosesor 5G dengan Mediatek Dimensity 900 5G yang ditanami, OPPO Reno7 5G memiliki kompatibilitas 5G pada seluruh operator telekomunikasi penyelenggara jaringan 5G di Indonesia terutama band N1, N3, dan N40.

OPPO Reno7 Z 5G juga memiliki kompatibilitas yang sama, berkat prosesor Snapdragon 695 5G yang ditanami. Prosesor terbaru itu menggunakan Snapdragon X51 5G Modem-RF System yang mendukung SA, NSA, FDD, TDD, DSS.

Selain itu juga menjanjikan kecepatan download hingga 2.5 Gbps di jaringan 5G atau 800 Mbps di jaringan LTE, dengan kecepatan upload hingga 1.5 Gbps di 5G dan 210 Mbps LTE. Snapdragon 695 5G juga memiliki Qualcomm FastConnect 6200 termasuk WiFiac Wave2 dual Band 2.4 dan 5 GHz, serta Bluetooth 5.2.

Kemajuan teknologi jaringan seluler selalu membawa unsur kecepatan akses internet. Tapi keunggulan 5G tidak hanya pada kecepatan akses internet. Berikut sederet keunggulan 5G:

1. Latensi Lebih Rendah

Teknologi jaringan seluler 5G beroperasi pada spektrum frekuensi radio milimeter dalam rentang 30 GHz hingga 300 GHz. Dengan demikian, jaringan 5G mampu mentransmisikan data dalam jumlah besar sekaligus dengan minim latensi.

Istilah latensi merujuk pada kecepatan transmisi data per detik yang menggunakan satuan milisecond (ms). Semakin rendah latensi suatu jaringan seluler, akan semakin cepat pula data yang diterima dan diproses oleh perangkat.

Jaringan 5G mampu menghasilkan latensi yang lebih rendah daripada 4G, berkisar 1 ms hingga 10 ms. Sementara, latensi jaringan 4G masih berada pada kisaran 20 ms hingga 30 ms.

OPPO Reno7 ZOPPO Reno7 Z Foto: Dok. OPPO

2. Kapasitas Koneksi Besar

Jaringan 5G memiliki kapasitas koneksi yang besar dengan minim gangguan. Meskipun ada penghalang seperti dinding atau gedung tinggi, 5G tetap mampu merambat dengan stabil.

Jaringan terbaru ini juga diperkirakan mampu untuk digunakan hingga satu juta perangkat per 1 kilometer persegi. Hal ini bisa meminimalisir gangguan koneksi internet akibat terlalu banyak pengguna dalam satu wilayah.

3. Menghubungkan Banyak Alat dalam Satu Perangkat

5G memungkinkan untuk dipakai dalam menggerakan beberapa alat sekaligus dengan satu perangkat atau dikenal dengan konsep Internet of Things (IoT). Kebutuhan IoT dipengaruhi oleh jaringan dengan latensi rendah.

Saat ini, IoT yang paling sederhana adalah smart home, yang memungkinkan pengguna menggerakkan alat-alat seperti lampu, kulkas, atau penanak nasi, dalam waktu bersamaan melalui layar ponsel.

Melalui 5G, alat rumah yang bisa dioperasikan lewat satu perangkat bakal bisa lebih besar dan lebih jauh lagi cakupannya. Inilah yang disebut dengan smart city atau menghubungkan alat di satu kota.

OPPO Reno7 5GOPPO Reno7 5G Foto: OPPO

4. Interaksi Real-time

Jaringan 5G juga menghadirkan panggilan video dengan kualitas tinggi. Interaksi real time bisa dilakukan melalui teknologi virtual reality (VR) atau augmented reality (AR).

Interaksi ini, seperti dalam beberapa platform game atau streaming video beresolusi 4K, bisa berjalan secara lancar, tanpa ada keterlambatan.

5. Hemat energi

Kemampuan transfer data hingga 10 Gbps dan latensi yang lebih rendah yang dimiliki 5G, membuat beban baterai pada satu perangkat menjadi ringan. Pengguna jadi bisa mengurangi penggunaan daya sehingga bisa lebih hemat energi.

OPPO Reno7 ZOPPO Reno7 Z Foto: Dok. OPPO

6. Anti Lemot dan Patah-patah

Melalui 5G, pengguna tidak perlu khawatir mengalami lag saat menonton video, bermain game, atau melakukan siaran langsung. Karena, kecepatan internet jaringan 5G sepuluh kali lebih kencang dari jaringan 4G.

Pengguna dapat streaming video dan menonton film dengan kualitas gambar 4K atau 8K tanpa mengalami visual buram dengan jaringan terbaru ini.

Itulah sederet keunggulan yang dimiliki jaringan 5G yang bisa Anda nikmati pada OPPO Reno7 Series 5G dengan konektivitas 5G dari Telkomsel. Keunggulan itu dapat mempermudah aktivitas sehari-hari anda.

Selain mendukung jaringan seluler terbaru itu, OPPO Reno7 Series 5G juga memiliki daya tahan penggunaan untuk seharian penuh. Seri Reno7 5G dilengkapi dengan baterai 4.500 mAh dan teknologi pengisian daya super cepat 65W SUPERVOOC, yang membuat perangkat dapat diisi daya hingga 100% dalam waktu sekitar 31 menit.

Sedangkan OPPO Reno7 Z 5G dilengkapi baterai 4.500 mAh dan teknologi pengisian daya super cepat 33W SUPERVOOC sehingga perangkat ini dapat diisi penuh dalam waktu 63 menit.

OPPO Reno7 5G dibandrol dengan harga Rp 7,499 juta dan seri Reno7 Z 5G seharga Rp 5,999 juta. OPPO juga menghadirkan paket bundling eksklusif Telkomsel berupa paket data hingga 192GB dengan tambahan 10GB eksklusif pada jaringan 5G.

OPPO Reno7 Series 5G dapat dipesan melalui online di seluruh e-commerce di Indonesia dan aplikasi OPPO Store yang terpasang pada smartphone OPPO. Sementara untuk pemesanan offline dapat dilakukan di jaringan OPPO Store dan partner retail resmi OPPO di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa dilihat melalui tautan ini.

[Gambas:Youtube]



(ads/ads)