Teknologi AI Jadi Senjata Canggihnya Kamera OPPO Reno7 5G

Teknologi AI Jadi Senjata Canggihnya Kamera OPPO Reno7 5G

Angga Laraspati - detikInet
Minggu, 20 Mar 2022 18:00 WIB
OPPO
Foto: Dok. OPPO
Jakarta - Teknologi dari tahun ke tahun semakin canggih, tak terkecuali fitur kamera pada smartphone. Kamera pada ponsel kini sudah lebih optimal berkat adanya teknologi kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence).

Sebelum adanya AI di di kamera smartphone, mendapatkan hasil foto yang maksimal cukup sulit dilakukan. Dengan adanya AI, tentu dapat memudahkan sebuah pekerjaan fotografi di smartphone. AI memiliki fungsi kognitif yang mirip dengan kemampuan otak manusia, seperti berpikir, mempelajari, dan menyelesaikan permasalahan.

Pengguna smartphone tidak tidak perlu lagi dipusingkan dengan pengaturan kamera secara manual. Sebab, AI dapat otomatis memahami pengaturan kamera dan pemrosesan gambar. Seperti mengubah pengaturan speed, exposure, saturasi, kedalaman warna, dynamic range, white balance, hingga kontras gambar.

Dengan AI, antarmuka kamera smartphone juga dapat mendeteksi objek dalam frame foto secara otomatis, baik itu foto pemandangan yang diambil secara landscape atau foto diri dengan mode portrait dengan detail yang lebih tajam.

Lalu, memaksimalkan setting kamera sehingga menghasilkan hasil foto yang maksimal kualitasnya. Beberapa ponsel saat ini juga telah disematkan mode portrait AI yang mampu meningkatkan kualitas foto bokeh.

Bagi pencinta selfie, AI mampu mengenal wajah seseorang dengan teknologi facial recognition dan memberikan efek beauty yang disesuaikan dengan kontur muka pengguna. Teknologi nilah yang ditanamkan pada OPPO Reno7 5G yang mempersenjatai kameranya dengan AI.

OPPO Foto: Dok. OPPO

OPPO Reno7 5G hadir dengan membawa keunggulan fitur portrait pada kamera selfie dan kamera utama serta pada fitur foto maupun perekaman video. OPPO Reno7 5G berhasil meniru hasil potret yang biasanya hanya bisa didapatkan melalui kamera DSLR kelas atas dengan lensa bukaan diafragma besar.

OPPO menawarkan pengguna kebebasan mengatur kedalaman bidang dan ruang tajam melalui kemampuannya meniru sifat optik kamera DSLR. Lalu apa saja fitur AI yang ditanamkan pada OPPO Reno7 5G?

Pertama ada Portrait Mode yang dapat mensimulasikan 25 tingkatan ukuran diafragma dengan menyesuaikan mulai dari F0.95 hingga F16. Reno7 5G juga menghadirkan fitur Bokeh Flare Portrait untuk menghadirkan efek bokeh layaknya diproduksi menggunakan kamera profesional pada sebuah perangkat smartphone.

Untuk mengoptimalkan subjek foto, Selfie HDR dapat menghasilkan foto selfie yang jernih pada lingkungan kurang cahaya atau bahkan dengan cahaya berlatar kuat.

Ditambah dengan fitur Portrait Retouching dapat dengan tepat mengenali titik spesifik pada wajah dan melakukan penghapusan noda pada wajah seperti bekas jerawat. Secara cerdas, fitur ini memperbaiki warna kulit atau riasan, sambil menjaga tanda kecantikan lain yang tetap diinginkan.

OPPO Foto: Dok. OPPO

Reno7 5G juga punya AI Color Portrait bekerja melalui Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang ditingkatkan. Kecerdasan buatan secara otomatis dapat menerapkan filter hitam putih pada latar belakang namun tetap mempertahankan warna asli pada subjek potret.

Dalam hal pengambil video, ponsel ini dibekali AI Highlight Video dapat membantu untuk menangkap gambar lebih detail dan menyeimbangkan cahaya pada video tanpa mengurangi detail pada background. Dengan fitur ini maka pengguna tidak akan menjumpai lagi video yang tampil terlalu terang atau terlalu gelap pada perekaman Reno7 5G.

OPPO Reno7 5G dilengkapi dengan kemampuan Focus Tracking yang ditingkatkan pada perekaman video, dengan cara mengetuk dua kali pada pada wajah untuk melacaknya sebagai subjek utama saat merekam video. Kamera akan mengidentifikasi subjek yang dipilih dan secara otomatis melacaknya secara konsisten

OPPO Reno7 5G juga didukung RAM 8GB dengan teknologi ekspansi hingga 5GB dan penyimpanan internal 256GB. Melengkapi Reno7 5G dengan baterai 4.500 mAh dan teknologi pengisian daya super cepat 65W SUPERVOOC, yang membuat perangkat dapat diisi daya hingga 100% dalam waktu sekitar 31 menit.

Keberadaan prosesor 5G dengan Mediatek Dimensity 900 5G pada OPPO Reno7 5G menjadikan prosesor ini kompatibel dengan seluruh operator telekomunikasi penyelenggara jaringan 5G di Indonesia terutama pada dukungan band N1, N3 dan N40.

OPPO Reno7 5G dijual seharga Rp 7,499 juta, dapatkan paket bundling eksklusif dari Telkomsel. Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat pada tautan berikut ini.

[Gambas:Youtube]






Simak Video "A Day in My Life with OPPO Reno7 Z 5G"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)