Google I/O Digelar 11-12 Mei, Mau Umumkan Android 13?

Google I/O Digelar 11-12 Mei, Mau Umumkan Android 13?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 17 Mar 2022 20:13 WIB
MOUNTAIN VIEW, CALIFORNIA - MAY 07: Google CEO Sundar Pichai delivers the keynote address at the 2019 Google I/O conference at Shoreline Amphitheatre on May 07, 2019 in Mountain View, California. The annual Google I/O Conference runs through May 8. (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Google I/O Digelar 11-12 Mei, Bakal Umumkan Android 13? (Foto: Justin Sullivan/Getty Images)
Jakarta -

Google I/O, konferensi developer tahunan yang diselenggarakan Google, akan digelar pada 11 dan 12 Mei 2022. Karena merupakan konferensi developer, ajang ini akan fokus pada update software dan sistem operasi, termasuk Android versi terbaru.

Gelaran Google I/O tahun ini masih akan diselenggarakan secara online. Tapi sepertinya sebagian konferensi akan disiarkan langsung dari Shoreline Ampitheatre yang jadi rumah Google I/O dalam beberapa tahun terakhir.

"Event tahun ini akan disiarkan di depan audiens live terbatas, dan sepenuhnya gratis dan tersedia untuk semua orang secara virtual," kata juru bicara Google Alex Garcia-Kummert dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (17/3/2022).

Dalam keterangan resmi Google kepada Axios, audiens yang akan hadir langsung untuk menyaksikan Google I/O tahun ini akan terdiri dari beberapa karyawan Google dan mitra perusahaan.



Pendaftaran akan dibuka pada bulan ini dan tidak dipungut biaya. Karena tidak ada tiket, sepertinya event ini bisa diikuti oleh siapa saja.

Berbagai sesi yang sudah direkam sebelumnya akan tersedia setelah livestream, termasuk sesi tentang Android, Chrome, dan lain-lain. Selain event utama, ada juga 2022 Learning Lab yang berisi tutorial, workshop, dan lain-lain, serta grup komunitas.

Google I/O sempat absen pada tahun 2020 karena pandemi COVID-19. Pada tahun 2021, acara ini digelar secara virtual dan disiarkan dari Googleplex dengan audiens kecil dari karyawan Google.

Dalam event tahun lalu, Google mengungkap beberapa pengumuman besar termasuk Android 12 dengan desain 'Material You', update untuk Workspace, dan mengumumkan Wear OS 3.

Android 13 sepertinya akan menjadi pengumuman besar di Google I/O tahun ini. Android versi terbaru itu sudah memasuki fase developer preview sejak bulan Februari, dan tampaknya akan masuk fase beta saat Google I/O digelar.

Belum diketahui apakah tim Made by Google akan menggunakan event ini untuk mengumumkan hardware baru. Pixel 6a dan Pixel Watch yang sudah lama dirumorkan kemungkinan akan diluncurkan di event ini.



Simak Video "Google Pixel 7 Jadi Smartphone Pertama yang Dibekali Android 13"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)