Gading Marten Lebih Suka Street Photography Pakai Ponsel Ketimbang DSLR

Gading Marten Lebih Suka Street Photography Pakai Ponsel Ketimbang DSLR

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 04 Mar 2022 20:20 WIB
Gading Marten
Gading Marten (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Ketimbang landscape, aktor Gading Marten lebih doyan street photography. Saat beraksi, dia mengaku lebih pilih pakai ponsel dibandingkan kamera DSLR.

Pasalnya ponsel seperti Galaxy S22 Ultra yang digunakannya saat ini memiliki komposisi kamera yang lengkap. Ada ultra wide dan zoom yang membantunya dalam memotret.

"Kalau street photography pakai DLSR bikin seseorang jadi terintimidasi karena ukuran kamera yang gede. Sementara kalau ponsel ukurannya kecil, kameranya pun sekarang makin canggih," ujar Gading saat acara Consumer Launch Samsung Galaxy S22 Series di Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (4/3/2021).

Bicara kecanggihan, Gading memuji bagaimana Galaxy S22 Ultra bisa membuat foto portrait dan bokeh yang bagus tanpa ribet serta mahal. Menurutnya untuk memotret bokeh maupun portrait menggunakan DSLR harus menyiapkan lensa khusus.

"Biasanya kalau DSLR musti mengeluarkan duit lebih untuk mendapatkan lensa yang bisa bokeh. Harga lensanya saja bisa puluhan juta," terang bapak Gempi ini.

Fitur kamera Galaxy S22 Ultra yang turut disukai Gading adalah Expert RAW yang memungkinkan dirinya memoles foto dengan preset yang disukainya di Adobe Lightroom. Selain itu ada mode Pro yang bikin dirinya bisa mengatur penyetingan manual sehingga sesuai keinginannya.

"Kalau lagi hunting dan lumayan cukup saya biasa pakai Pro Mode. ISO dan shutter speed bisa kita atur. Pro Mode ini bisa bikin fotografer pemula menjadi Pro. Untuk yang sudah Pro makin dimudahkan," tutur Gading.

Dengan menggunakan kamera ponsel dirinya bebas ribet. Sebab kalau menggunakan DLSR harus menggunakan kartu memori, kemudian ditransfer ke komputer, setelah diedit dikirim ke ponsel untuk diupload ke media sosial.

"Kalau ponsel lebih gampang, abis motret bisa langsung diedit, kemudian diupload ke media sosial. Adanya S Pen makin memudahkan proses pengeditan," ujarnya.

Dalam kesempatan ini Gading memberikan tips memotret ciamik menggunakan ponsel:

  • Sesuaikan selera, suka memotret seperti apa. Gading mencontohkan dirinya suka street photography.
  • Sering-seringlah memotret karena akan makin terasah kemampuannya
  • Pelajari framing dan komposisi.


Simak Video "Keistimewaan Samsung Galaxy S22 Ultra yang Mirip Galaxy Note"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)