Ini Dia Prosesor Intel Alder Lake Buat Laptop Tipis

Ini Dia Prosesor Intel Alder Lake Buat Laptop Tipis

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 25 Feb 2022 10:05 WIB
Intel Core Generasi 12
Foto: Intel
Jakarta -

Intel merilis prosesor generasi ke-12 Alder Lake di CES 2022, namun itu hanya seri H yang diperuntukkan laptop kelas berat. Kini mereka akhirnya merilis jajaran prosesor seri P dan U untuk laptop tipis dan ringan, juga murah.

Ada 20 prosesor yang baru dirilis oleh Intel ini, yang terdiri dari seri P dan U dengan thermal design power (TDP) 15W serta seri U dengan TDP 9W. Sementara laptop dengan prosesor ini diperkirakan akan mulai tersedia pada Maret mendatang.

Sama seperti Alder Lake seri H, dan juga Alder Lake untuk desktop, Alder Lake seri P dan U juga punya jumlah core yang jauh lebih banyak dibanding prosesor generasi ke-11 keluaran 2020. Core ini juga memakai arsitektur hybrid, yang mengkombinasi core kencang dan efisien untuk memaksimalkan performa dan daya tahan baterai.

Intel pun menjanjikan peningkatan besar di dari jumlah core yang banyak itu, dengan kinerja multi thread yang diklaim 70% lebih tinggi dibanding generasi ke-11.

Mereka pun membanggakan kalau hasil benchmarknya ini lebih tinggi dibanding Apple M1 dan M1 Pro, namun bukan M1 Max, juga lebih kencang dari AMD Ryzen R7 5800U di aktivitas seperti browsing dan pengolahan foto.

"Setelah peluncuran prosesor mobile tercepat kami khusus untuk gaming, kami sekarang memperluas jajaran prosesor 12th Gen Intel Core untuk menghadirkan lompatan performa yang luar biasa untuk laptop thin-and-light. Dari form factor ultra-tipis hingga performa sekelas laptop enthusiast dalam desain yang ramping, kami memberikan performa terdepan dan teknologi mutakhir kepada konsumen dan dunia bisnis," Chris Walker, Intel corporate vice president and general manager of Mobility Client Platforms, dalam media briefieng virtual yang digelar Kamis (17/2/2022) lalu.

Varian terkencang dari seri P adalah Core i7-1280P yang punya 14 core (6 core performance dan 8 core irit daya), mirip dengan jumlah core di varian seri H-nya, namun tentu dengan TDP dan kecepatan yang lebih rendah.

Sementara itu di seri U, jumlah corenya lebih sedikit dibanding seri P. Yaitu hanya dua core performance di semua serinya, dengan total core antara enam sampai 10.

Kartu grafis terintegrasi yang dipakai adalah Iris Xe, dan pembuat laptop pun tetap bisa menambahkan kartu grafis diskrit untuk dikombinasikan dengan Iris Xe ini. Intel Alder Lake seri P dan U ini juga akan menjadi bagian dari standar Intel Evo generasi ke-3, yaitu laptop-laptop yang memenuhi syarat tertentu, termasuk webcam 1080p, WiFi 6E, daya tahan baterai tertentu, fast charging, dan lainnya.

Deretan fitur yang ada di Alder Lake seri P dan U ini antara lain adalah:

  • Arsitektur core terbaru hingga 14 core (6 P-cores dan 8 E-cores).
  • Grafis terintegrasi Intel Iris Xe dengan sampai 96EU.
  • Dukungan memori yang luas untuk DDR5/LPDDR5 dan DDR4/LPDDR4.
  • Peningkatan yang luar biasa dengan multi-thread performance yang 70 persen lebih cepat.
  • Peningkatan 3D rendering hampir dua kali lipat.
  • Performa produktivitas yang superior dengan kemampuan editing foto yang 30 persen lebih cepat.
  • Intel Wi-Fi 6E (Gig+) terintegrasi untuk peningkatan performa wireless, responsiveness, dan reliability.
  • Thunderbolt 4
  • Intel IPU 6.0 untuk kualitas image dan efisiensi daya yang tinggi.
Intel Alder Lake LaptopIntel Alder Lake Laptop Foto: Dok. Intel
Intel Alder Lake LaptopIntel Alder Lake Laptop Foto: Dok. Intel
Intel Alder Lake LaptopIntel Alder Lake Laptop Foto: Dok. Intel


Simak Video "Huawei Boyong MateBook D14 dan D15 ke Indonesia, Apa Kelebihannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)