Mau Pakai Windows 11 Pro, Wajib Punya Akun Microsoft

ADVERTISEMENT

Mau Pakai Windows 11 Pro, Wajib Punya Akun Microsoft

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 19 Feb 2022 18:19 WIB
Lenovo Windows 11
Foto: dok Lenovo
Jakarta -

Microsoft berencana untuk mengubah persyaratan pemakaian Windows 11 Pro, yaitu wajib punya punya koneksi internet dan akun Microsoft.

Sebelumnya aturan serupa juga diterapkan Microsoft untuk pengguna Windows 10 Home, di mana pengguna tak bisa melewati proses login akun Microsoft saat proses instalasi.

Microsoft memang sudah mencoba meningkatkan pemakaian akun Microsoft di pengguna Windows sejak Windows 10, dan kini dilanjutkan ke Windows 11. Sebelumnya, mungkin banyak pengguna Windows yang memilih untuk tak membuat akun Microsoft untuk menghindari pengumpulan data dan telemetri oleh Microsoft.

"Sama seperti Windows 11 Home, Windows 11 Pro kini membutuhkan koneksi internet selama proses awal. Jika Anda memilih untuk pemakaian personal, MSA (Microsoft Service Account) juga diperlukan selama proses setup," tulis Microsoft dalam postingan blog Windows Insider.

Microsoft saat ini tengah menguji perubahan di Windows 11 build, dan kemungkinan mulai menyebar pembaruan Windows 11 Pro dalam beberapa bulan ke depan. Untuk saat ini, pengguna Windows 11 Pro bisa mengakali kewajiban pemakaian akun Microsoft ini.

Yaitu dengan mematikan koneksi internet ke PC selama proses instalasi, dan pengguna bisa memilih untuk menggunakan akun lokal, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (19/2/2022).

Sejak pertama dirilis, selain punya tampilan dan fitur baru, Windows 11 pun diwarnai dengan berbagai masalah. Termasuk trik Microsoft untuk memaksa penggunanya agar memakai browser Edge, dan bukan Google Chrome.

Di Windows 11 caranya adalah dengan memunculkan pesan-pesan ajakan agar pengguna Windows 10 dan 11 tetap menggunakan Edge. Pesan tersebut muncul saat pengguna membuka laman untuk mengunduh Chrome.

Menariknya, pesan ini bukan berupa pop up seperti iklan yang biasanya muncul saat membuka situs tertentu. Pesan tersebut merupakan bagian dari Edge, dan tak muncul saat membuka situs lainnya.

Aksi terbaru Microsoft ini hadir setelah kurang lebih tiga tahun lalu mereka mulai menjajal memunculkan peringatan untuk pengguna Windows 10 agar tidak menginstal Chrome dan Firefox.



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT