Akhirnya Fitur EKG Apple Watch Bisa Dipakai di Indonesia

Akhirnya Fitur EKG Apple Watch Bisa Dipakai di Indonesia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 29 Jan 2022 16:45 WIB
Fitur EKG di Apple Watch Series 7
EKG di Apple Watch Series 7. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Apple sudah membenamkan fitur elektrokardiogram (EKG) di Apple Watch sejak Apple Watch Series 4, namun kehadirannya terbatas di negara-negara tertentu.

Kini, setelah Apple merilis pembaruan watchOS versi 8.4, akhirnya fitur EKG tersebut bisa dipakai di Indonesia. Untuk bisa memakainya, pengguna cukup masuk ke aplikasi 'Health', dan memasukkan tanggal lahir, lalu mengikuti berbagai opsi yang ditampilkan.

Menu EKG di iPhoneMenu EKG di iPhone Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Fitur EKG ini tersedia di Apple Watch Series 4, Series 5, Series 6, dan Series 7, yang sudah menggunakan watchOS 8.4.

Fitur EKG ini fungsinya adalah merekam aktivitas jantung menggunakan elektroda yang menempel di kulit. Kehadiran fitur ini memang dianggap revolusioner, karena bisa dipakai hanya dengan memakai sebuah jam tangan, tanpa perlu datang ke rumah sakit.

EKG ini sebelumnya pernah menyelamatkan penggunanya dari gagal jantung, karena bisa mendeteksi detak jantung yang tidak teratur, atau AFib. Lalu dalam sebuah studi pun ditemukan kalau monitor EKG ini bisa mendeteksi banyak jenis aritmia pada penggunanya.

Aritmia jantung adalah gangguan yang terjadi pada irama jantung. Penderita aritmia bisa merasakan irama jantungnya terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak teratur.

Namun akurasi EKG ini dipermasalahkan oleh seorang cardiac electrophysiologist di Baptist Health Louisville bernama John Mandrola.

Namun menurut Mandrola, banyak dokter yang akan cenderung untuk menyarankan tes ulang bagi pasiennya yang sudah didiagnosis menggunakan Apple Watch. Hal inilah yang menurutnya berbahaya bagi pasien.

Diagnosis yang salah dari Apple Watch ini menurutnya malah akan memberikan kecemasan dan mengeluarkan biaya yang sebenarnya tidak diperlukan karena harus melakukan berbagai tes untuk memastikan akurasi fitur tersebut.



Simak Video "Fitur Baru yang Ditawarkan Apple Watch Series 7"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)