Apple Kembangkan NFC di iPhone untuk Pembayaran Kartu Kredit

Apple Kembangkan NFC di iPhone untuk Pembayaran Kartu Kredit

Josina - detikInet
Jumat, 28 Jan 2022 14:46 WIB
A demonstration of the newly released Apple products is seen following the product launch event at the Steve Jobs Theater in Cupertino, California, U.S. September 12, 2018. REUTERS/Stephen Lam
Foto: Stephen Lam/Reuters
Jakarta -

Apple dilaporkan sedang mengembangkan fitur baru yang memungkinkan pengguna iPhone dapat menerima pembayaran kartu kredit melalui teknologi nirsentuh (contactless) tanpa perangkat keras tambahan.

Menurut laporan dari Bloomberg seperti dilihat Jumat (28/1/2022) dijelaskan bahwa sistem Apple ini kemungkinan akan menggunakan teknologi NFC yang mirip dengan Apple Pay.

Saat ini, bagi pelaku usaha kecil yang ingin menerima pembayaran menggunakan iPhone diharuskan menggunakan perangkat keras pihak ketiga eksternal. Seringkali perangkat keras ini berasal dari perusahaan jasa keuangan Square yang menjual beberapa terminal pembayaran yang berbeda untuk perangkat iPhone dan iPad.

Apple akan dapat melompati perangkat keras Square dengan mengintegrasikan teknologi terminal tap-to-pay langsung ke iPhone menggunakan chip NFC bawaannya. Ini berarti pelaku usaha kecil akan dapat menerima pembayaran tap-to-pay tanpa perangkat keras eksternal.

Fitur ini juga tampaknya berfungsi dengan Apple Pay, memungkinkan pengguna untuk mengetuk iPhone mereka ke bagian belakang iPhone lain untuk melakukan pembayaran.

Fitur yang akan datang justru akan mengubah iPhone menjadi terminal pembayaran, memungkinkan pengguna seperti makanan pinggir jalan hingga salon menerima pembayaran dengan mengetuk kartu kredit atau iPhone lain ke bagian belakang perangkat mereka.

Tidak jelas apakah opsi penerimaan pembayaran akan dicap sebagai bagian dari Apple Pay, meskipun tim yang mengerjakan fitur tersebut telah bekerja di dalam divisi pembayaran Apple sejak dibawa dari Mobeewave.

Juga tidak diketahui apakah Apple akan bermitra dengan jaringan pembayaran yang ada untuk fitur tersebut atau meluncurkannya sendiri.

Melansir dari 9to5mac menurut laporan fitur ini tampaknya akan diluncurkan melalui fitur software dalam beberapa bulan mendatang yang mungkin akan segera digulirkan setelah perilisan iOS 15.4.

Apple pun hari ini merilis sistem operasi barunya yakni iSO 15.3 secara publik, jadi pengujian beta pada iOS 15.4 diharapkan akan dimulai lebih cepat. Ini adalah upaya internal Apple untuk meluncurkan fitur pembayaran dengan iPhone setelah mengakuisisi Mobeewave pada tahun 2020 senilai sekitar USD 100 juta.



Simak Video "Apple Bakal Produksi 220 Juta Unit iPhone di 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)