Samsung Galaxy S22 di Indonesia Pakai Snapdragon 8 Gen 1?

Samsung Galaxy S22 di Indonesia Pakai Snapdragon 8 Gen 1?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 23 Jan 2022 20:36 WIB
Render desain Galaxy S22 Ultra
Samsung Galaxy S22 Bakal Pakai Snapdragon 8 Gen 1 di Indonesia? Foto: LetsGoDigital
Jakarta -

Setiap tahun, Samsung selalu menghadirkan Galaxy S series dengan chipset Exynos di Indonesia. Tapi untuk Galaxy S22 yang meluncur tahun ini sepertinya akan ada sesuatu yang berbeda.

Soerang tipster bernama Dohyun Kim baru saja membagikan distribusi jenis chipset yang akan digunakan Galaxy S22 di masing-masing wilayah. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Amerika Utara dan Asia Timur akan mendapatkan versi dengan chipset Snapdragon.

Menariknya, berdasarkan bocoran Dohyun Kim wilayah Asia Tenggara juga akan mendapatkan Galaxy S22 dengan chipset Snapdragon. Berarti kemungkinan negara seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, dan lain-lain akan bisa mencicipi Galaxy S22 dengan Snapdragon 8 Gen 1, seperti dikutip dari SamMobile, Minggu (23/1/2022).

Kawasan lainnya yang ikut kebagian Galaxy S22 dengan chipset Snapdragon antara lain Amerika Selatan dan Oseania, sementara Eropa akan kebagian versi dengan Exynos 2200. Asia Barat, Timur Tengah, dan Afrika akan kebagian versi Exynos dan Snapdragon, yang mungkin akan berbeda di masing-masing negara.

Dari daftar yang masih belum dikonfirmasi ini terungkap bahwa Samsung kini menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 di lebih banyak negara. Kabarnya masalah produksi Exynos 2200 memaksa Samsung untuk meluncurkan Galaxy S22 dengan Snapdragon 8 Gen 1 di lebih banyak negara.

Samsung sendiri baru saja mengumumkan chipset flagship terbarunya, Exynos 2200, beberapa hari yang lalu. Exynos 2200 menjadi SoC pertama yang memakai chip grafis dari AMD.

Di sisi CPU, Exynos 2200 memakai core ARMV9 pada sebuah "core flagship" Cortex-X2, tiga buah core Cortex-A710, dan empat core efisien Cortex-A510. Lalu NPU baru yang dipakai dijanjikan punya performa dua kali lipat dibanding pendahulunya, dan ISP (prosesor gambar) yang dipakai mendukung sensor kamera sampai dengan 200MP, salah satunya sensor Isocell HP1 yang dirilis Samsung tahun lalu.

Samsung sendiri sudah mengonfirmasi keberadaan Galaxy S22 yang akan diumumkan dalam event Galaxy Unpacked bulan depan. Tanggal pastinya belum diketahui, tapi rumor yang beredar menyebutkan trio Galaxy S22 akan dikenalkan pada 8 Februari 2022.



Simak Video "Sejumlah Netizen Keluhkan Tak Bisa Preorder Samsung Galaxy S22"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)