Mac Pro Baru Bukan Pakai Chip Apple M2

ADVERTISEMENT

Mac Pro Baru Bukan Pakai Chip Apple M2

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 19 Jan 2022 22:10 WIB
Apple M1 Pro dan M1 Max
Foto: Apple
Jakarta -

Setelah sejumlah perangkat Mac yang dirilis memakai chip Apple M1 (dan berbagai variannya), kini tinggal Mac Pro yang belum memakai Apple Silicon.

Menurut @dylandkt, Apple akan menyelesaikan transisi penggunaan prosesor Intel ke chip Apple Silicon pada Q4 2022. Yaitu lewat Mac Pro yang tak lagi memakai prosesor x86 dari Intel dan beralih ke Apple Silicon.

Namun kabarnya, Mac Pro yang akan datang bukan memakai penerus chip M2, melainkan masih memakai variasi dari chip M1, seperti yang dilakukan Apple di M1 Pro dan M1 Max.

Menurutnya, varian M1 yang dipakai di Mac Pro ini akan punya jumlah core yang jauh lebih banyak dibanding M1 Max, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Rabu (19/1/2022).

"Transisi Apple Silicon akan diselesaikan pada Q4 2022. Mac Pro akan menjadi perangkat terakhir yang diganti," tulis Dylan di akun Twiternya itu.

Namun Dylan tak menyebut iMac 27 yang saat ini belum ada versi Apple Silicon-nya. Saat ini iMac dengan chip M1 baru tersedia dalam varian layar 24 inch.

Sebagai informasi, M1 Max punya 10 core CPU, dan M1 yang dipakai di Mac Pro akan punya core jauh lebih banyak. Sebelumnya, Mark Gurman dari Bloomberg menyebut kalau M1 yang dipakai Mac Pro itu akan punya jumlah core dua kali lipat dan empat kali lipat dibanding M1 Max.

Sementara itu, Apple pun disebut sudah menyiapkan Apple Silicon 3nm dengan 40 core yang disiapkan untuk tahun 2023.

Dylan juga menyebut pada tahun 2022 ini Apple akan merilis MacBook Air baru, iPad generasi ke-10 dengan 5G yang memakai SoC Apple A14. iPad versi termurah itu baru akan diubah desainnya pada tahun 2023.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Perkenalkan! M1 Ultra, Chipset Monster Baru Milik Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT